Disbun Bangun Kerjasama dengan Unmul


 

SAMARINDA - Dalam upaya optimalisasi pelaksanaan program Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit di Kaltim, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melakukan kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Plt Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad mengatakan perjanjian kerjasama ini merupakan upaya meningkatkan produktivitas kebun dan pendapatan petani kelapa sawit serta keberlanjutan usaha perkebunan.

“Kerjasama dilakukan dalam bentuk pembinaan, pelatihan, penelitian dan pendampingan kepada petani pekebun kelapa sawit,” katanya.

Selain itu, perjanjian kerjasama guna mempercepat peningkatan kualitas sumberdaya manusia petani, penguatan kelembagaan dan organisasi petani.

Ujang menjelaskan perjanjian kerjasama berlaku selama lima tahun dengan ketentuan dilakukan evaluasi setiap tahunnya.

“Seluruh biaya yang timbul dari pelaksanaan perjanjian kerjasama ini bersumber dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit,” ungkapnya.

Ujang berharap melalui kerjasama ini terbina sinergitas Disbun dan Unmul dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit terkait pembinaan, pelatihan, penelitian, pendampingan dan saling tukar informasi teknologi secara profesional.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan antara Fakultas Pertanian Unmul Samarinda diwakili Dekan Fakultas Pertanian Hj Rina Shintawati Asra dengan Plt Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait