Disbun Gelar Bimtek Karbun

ist

SAMARINDA - Guna pencegahan dan penanggulangan kebakaran di areal perkebunan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim secara intensif melaksanakan Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Perkebunan (Karbun).

Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan kebakaran di areal kebun hampir terjadi setiap tahunnya. Masalah kebakaran lahan dan kebun merupakan hal yang wajib dicegah, supaya tidak terjadi emisi gas rumah kaca yang berdampak terhadap penurunan daya dukung lahan.

"Ekstensifikasi kawasan atau lahan (pembukaan baru) yang tidak mengikuti anjuran menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan yang berdampak negatif pada beberapa aspek. Baik ekonomi, sosial, ekologis maupun politis," ungkap Ujang.

Dalam pelatihan, peserta diberikan materi tentang pemahaman teknis dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran. Dilanjutkan praktik lapangan di areal PT Bumi Liputan Pusaka Kompleks Balikpapan Baru.

Kegiatan selama tiga hari (31 Juli - 2 Agustus) diikuti 30 peserta dari Dinas Perkebunan kabupaten dan kota, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Maju Bersama Sejahtera dari Desa Sungai Merdeka Kecamatan Samboja.

Narasumber yang dihadirkan berasal dari Manggala Agni DaOP Paser dan tim fasilitator Dinas Perkebunan Kaltim.

"Melalui pelatihan ini akan tersedia petugas pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang mampu memberikan petunjuk dan pembinaan kepada perusahaan perkebunan dan masyarakat. Terutama dalam melakukan pembukaan lahan tanpa membakar maupun pengendalian jika memang terjadi kebakaran lahan dan kebun. Selain itu, tersedia petugas yang mampu mendeteksi adanya hotspot (titik api) yang timbul dengan menggunakan satelit," harap Ujang.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait