Disbun Gelar SL-PHT Kakao di Berau

ist

TANJUNG REDEB - Dinas Perkebunan Kaltim melaksanakan kegiatan penutupan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani kakao di Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Selasa (26/11/2019).

Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad, didampingi Kepala Dinas Perkebunan Berau, Sumaryono, mengatakan SL-PHT Kakao ini telah dilaksanakan selama empat bulan lalu atau kurang lebih 16 kali pertemuan, diikuti 25 petani dari Kelompok Tani Punan Mandiri di Kampung Birang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

Kegiatan berlangsung sejak Agustus. Lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. 

"Disadari, penurunan produksi kakao selama ini lebih diakibatkan adanya gangguan organisme pengganggu yang masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit,” ungkap Ujang.

Namun begitu, menurutnya, melalui SL-PHT ini sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. 

Dengan demikian, hasil produksi Kakao yang diperoleh pun meningkat dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. 

Sementara anggota Poktan Punan Mandiri Daud atas nama para petani pekebun mengungkapkan terimakasih atas menyelenggarakan SL-PHT. Mengingat banyak hal yang didapat dalam rangka perbaikan budidaya  Kakao kedepannya.

"Mohon adanya bimbingan yang berkelanjutan dari Disbun Kaltim melalui SL-PHT ini. Sehingga petani kakao dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapat dari SL-PHT," ungkap Daud, salah seorang peserta SL-PHT.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait