Disbun Kaltim Laksanakan Family Gathering

Jaga Kekompakan dan Kebersamaan Antar Karyawan-Karyawati

BALIKPAPAN - Guna mengurangi kejenuhan dalam  aktifitas pekerjaan sehari-hari, tentu  diperlukan suatu kegiatan yang berguna juga untuk penyegaran bagi setiap karyawan  dengan melaksanakan  family gathering. Seperti yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Kaltim.

"Selain untuk mempererat tali silturahim antar  karyawan-karyawati dan keluarga, family gathering juga sebagai sarana refreshing bagi karyawan dalam rutinitas para karyawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di kantor," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Hj Etnawati usai pelaksanaan motivator training di Balikpapan (31/10).

Dikatakan, dalam  pelaksanaan program ini tentu diperlukan dukungan keluarga, sehingga dengan kegiatan family gathering diharapkan para karyawan akan lebih kokoh dan bersatu-padu  dalam melaksanakan program  Disbun maupun kompak dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang dialami. 

"Karena itulah, para karyawan bisa mengambil hikmah dan manfaat setiap kegiatan permainan yang telah dilaksanakan sebelumnya,  khususnya untuk selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan,"ujarnya.

Family gathering sangat penting  dilaksanakan sebagai upaya  dalam  menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan keluarga, sehingga karyawan dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang tentunya mendapat dukungan dari keluarga, sehingga para keluarga dapat memahami bagaimana tugas suami dan tugas istri yang bekerja pada Dinas Perkebunan Kaltim. 

"Sementara dari pelaksanaan kegiatan motivator training, diharapkan semua karyawan Disbun Kaltim termotivasi  untuk  bisa lebih kreatif dan inovatif  dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari maupun  kegiatan di rumah," kata Etnawati.

Ditambahkan, setelah suksesnya pelaksanaan program satu juta hektar sawit pada tahap pertama, Disbun Kaltim akan kembali melanjutkan penanaman satu juta hektare lagi untuk tahap kedua. Target ini sudah  dituangkan dalam rencana strategis program Disbun maupun Renstra RPJMD Kaltim.

"Untuk mencapai program tersebut tentunya diperlukan tenaga-tenaga yang terampil dan profesional untuk mendukung dan menyukseskannya," tutur Etnawati.

Pelaksanaan  family gathering, lanjut Etnawati, sebelumnya sudah dilakukan setiap tahun, hanya saja dilakukan oleh karyawan dan karyawati, baik lingkup UPTD maupun  lingkup Disbun Kaltim, dan tahun ini kembali digelar dengan mengikutkan sertakan masing-masing keluarga  karyawan dengan maksud agar keluarga karyawan saling mengenal satu sama lainnya.  

"Para karyawan maupun karyawati yang ada di Disbun tentunya sangat didukung oleh keluarga dan pelaksanaan family gathering yang dilaksanakan bisa meningkatkan inovasi dan kreasi para karyawan," harapnya.

Sementera itu nara sumber behavior observer Jawsika Autbound Training  Tumpal M.S Simanjuntak mengatakan, pelaksanaan family gathering dan motivator training yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Kaltim sudah tepat, karena karyawan maupun karyawati biasanya membawa masalah rumah tangga ke kantor,  begitu pula sebaliknya, sehingga dengan begitu karyawan  tadi tidak  fokus dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

"Dengan kegiatan ini, tentu para karyawan bisa memilahnya dan tidak mencampur aduk serta bisa lebih bijaksana mencari jalan keluar, salah satunya adalah membuat family day dengan begitu keluarga bisa mengetahui pekerjaan pasangan mereka di kantor," kata Tumpal.

Ditambahkan, kegiatan dalam family gathering yang diberikan merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kerjasama dan kekompkan dalam mencapai suatu tujuan, khususnya bagaimana dalam pelaksanaan sehari-hari di kantor  itu diutamakan kekompakan.

"Berapa pun berat suatu pekerjaan, kalau dikerjakan secara bersama-sama, maka pekerjaan itu dapat diselesaikan dengan baik," beber Tumpal. (mar/sul/hmsporv) 

//Foto: Karyawan dan Karyawati beserta keluarga Disbun Kaltim poto bareng setelah melaksanakan family gathering yang dilaksanakan di Pantai Lanut Balikpapan.(poto Umar/Humasprov)

 

Berita Terkait