Disbun Kaltim Pacu Penanaman Karet dan Lada


SAMARINDA – Dalam upaya pengembangan kegiatan subsektor perkebunan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim memacu penanaman baru sejumlah komoditi perkebunan. Menurut Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati ada dua komoditi unggulan tanaman perkebunan yang terus dikembangkan dalam periode tahun ini.

“Komoditi perkebunan yang kita kembangkan untuk penanaman baru tahun ini yakni karet dan lada,” sebutnya. Dijelaskan, penanaman baru untuk karet ditarget tahun ini seluas 218 hektare masing-masing di Kabupaten Kutai Kartanegara 93 hektare, di Kecamatan Loa Kulu.

Sementara kabupaten Kutai Timur seluas 25 ha di Kecamatan Rantau Pulung dan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kecamatan Babulu seluas 20 ha. Kabupaten Paser di Kecamatan Muara Komam 29 ha dan Batu Sopang 14 ha. Sedangkan, Kecamatan Tering Kutai Barat 22 ha dan Samarinda di Kecamatan Sambutan 15 ha.

Selain itu, perluasan areal komoditi lada sekitar 75 ha. Masing-masing di Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni di Kecamatan Muara Badak 18 ha dan Kecamatan Loa Janan 25 ha. Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara 12 ha dan Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan 20 ha. (yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation