Kalimantan Timur
Disbun Kembangkan Sentra Lada di Kutai Barat

Foto : Ist

SAMARINDA - Komoditi lada tetap menjadi primadona bagi masyarakat pekebun di Kalimantan Timur, khususnya di wilayah Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara dan Berau. Tidak terkecuali Kutai Barat, pada 2020 menjadi salah satu daerah pengembangan lada di Kalimantan Timur. 

 

Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kaltim Ujang Rachmad mengatakan Kutai Barat baru dua tahun ini (2018 dan 2019) mendapatkan bantuan untuk pengembangan komoditi lada dari APBN. Dengan dibangunkan kebun induk di wilayah Kecamatan Barong Tongkok, masing-masing 1 (satu) hektare per tahun. 

 

Untuk 2020, ada sekitar 100 hektare luas lahan yang direncanakan untuk pengembangan perkebunan lada di wilayah Kutai Barat tersebar di beberapa kecamatan. 

 

“Perluasan komoditi lada di Kutai Barat ini sumber dananya dari APBN 2020. Jadi kami masih menunggu usulan calon petani calon lahan (CPCL) dari kabupaten dulu, setelah itu diverifikasi," kata Ujang Rachmad didampingi Kasi Budidaya Tanaman Muhammad Fahrozi, Selasa (17/03/2020). 

 

Pengembangan lada seluas 100 hektare di Kutai Barat karena memang memiliki potensi lahan dan minat masyarakat yang tinggi untuk berkebun lada. 

 

"Kita proyeksikan ini menjadi calon sentra lada menggantikan daerah Loa Janan di Kukar yang areal kebun ladanya termakan alih fungsi menjadi tambang," tambah Ujang. 

 

Sedangkan dari APBD, pengembangan komoditi lada tetap menjadi perhatian bersama dengan komoditi unggulan perkebunan lainnya, seperti karet, kakao, kelapa dan kelapa sawit. 

 

Pada 2019, dalam kegiatan peningkatan produktifitas perkebunan telah dilakukan intensifikasi kebun lada seluas 100 hektare di Kukar dan rehabilitasi kebun lada seluas 160 hektare yang tersebar di Penajam Paser Utara, Kukar dan Berau. 

 

Untuk kegiatan perluasan komoditi perkebunan, telah dilakukan perluasan areal kebun lada sekitar 50 hektare di Samarinda dan Kukar, serta pemberian bibit lada sebanyak 80 ribu batang kepada 13 kelompok tani di Sepaku, PPU. 

 

Untuk 2020, dalam kegiatan peningkatan produktivitas perkebunan direncanakan intensifikasi lada seluas 100 hektare dan rehabilitasi lada seluas 160 hektare tersebar di wilayah Berau, Kukar dan Samarinda. 

 

Sedangkan untuk kegiatan perluasan komoditi perkebunan direncanakan perluasan kebun lada dengan total luas 200 hektare, tersebar di wilayah Berau, Kutim, Kubar, Kukar, Paser dan PPU.(her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait