Disbun Pacu Pemberdayaan Kelembagaan Ekonomi Perkebunan

 

SAMARINDA – Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim terus memacu kinerja di sub sektor perkebunan diantaranya melaksanakan program pemberdayaan kelembagaan ekonomi perkebunan.

Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati menyebutkan beberapa kegiatan dilaksanakan jajarannya dalam upaya pemberdayaan kelembagaan ekonomi perkebunan.

“Kami melaksanakan kegiatan berupa pelatihan kelembagaan bagi pengurus kelompok tani (poktan) untuk 50 petani terbagi dua kelas selama tiga hari,” katanya, Senin (15/8).

Selain itu, juga dilakukan pelatihan penguatan kelembagaan bagi gabungan kelompok tani (gapoktan) diikuti 50 petani yang dibagi dalam dua kelas selama tiga hari.

 

Termasuk kegiatan pembinaan dan pendampingan asosiasi (koperasi) petani pekebun melibatkan 100 petani yang dilaksanakan selama empat hari dibagi dalam empat kelas.

Juga, pelatihan sekaligus pembentukan asosiasi di tingkat provinsi selama dua hari dengan melibatkan 50 petani.

Menurut dia, pembinaan dan pelatihan sebagai upaya penguatan kelembagaan ekonomi perkebunan guna meningkatkan pengetahuan pengurus dan anggota poktan serta gapoktan.

Utamanya, pengetahuan dan keterampilan mengenai budidaya dan konservasi lahan termasuk pemanfaatan dan pengembangan lahan kritis.

“Program penataan kelembagaan dan peningkatan SDM petani pada 2016 ini sebanyak 32 kelas melibatkan 887 petani dan 23 petugas,” sebut Etnawati. (yans/sul/humasprov)   

Berita Terkait
Government Public Relation