Disbun Peremajaan 100 Hektar Tanaman Karet

kebun karet (ist)

SAMARINDA - Dalam upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim, Dinas Perkebunan kembali melakukan kegiatan peremajaan atau penggantian tanaman tua/rusak komoditi karet seluas 100 Ha.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan pihaknya tidak hanya fokus mengembangkan komoditas unggulan kelapa sawit. Tetapi mengembangkan komoditi unggulan lainnya seperti karet.

"Kami melakukan kegiatan peremajaan perkebunan karet seluas 100 Ha pada Kelompok Tani Rukun Makmur di Desa Mendik Makmur Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser," papar Ujang, Senin (2/9/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah menambahkan telah melaksanakan sosialisasi di wilayah peremajaan perkebunan karet tersebut.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi untuk pemberdayaan masyarakat petani dan lahan yang berpotensi serta untuk memelihara komoditi spesifik lokal yang sebelumnya sudah ada dan dipertahankan keberadaannya, dipelihara serta ditingkatkan produktivitasnya.

Sekaligus melakukan sosialisasi calon petani dan calon lahan (CP/CL) untuk bantuan berupa 50 ribu bibit karet, 10 ribu kilogram pupuk NPK dan 500 liter herbisida kepada petani peserta kegiatan peremajaan tersebut.

Selain itu, diharapkan mampu menambah dan memperluas lapangan kerja bagi petani pekebun karet di Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation