Disbun Serahkan Gudang Bokar

ist

MARANGKAYU - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan menyerahkan bangunan gudang bahan olah karet (Bokar) kepada UPPB Lancar Jaya di Kecamatan Marang Kayu, Kutai Kartanegara.

Penyerahan bangunan berupa gudang Bokar diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, diwakili Seksi Promosi, Fauzi kepada Ketua UPPB Lancar Jaya, Edy Santoso, Kamis (10/10/2019).

Fauzi mengatakan bantuan berupa bangunan gudang bokar ini pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

“Gudang UPPB berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Petani tidak perlu lagi terburu-buru menjual karetnya ketika harga sedang jatuh. Sebaliknya, bisa menahan karet di gudang UPPB selama berbulan-bulan. Karet dapat dijual ketika harga sudah membaik,” ungkap Fauzi.

Menurutnya, gudang Bokar ini tidak sekedar menjadi tempat penyimpanan getah karet saja. Tetapi lokasi pelatihan dan sosialisasi bersama petani lain guna berbagi ilmu bersama. Paling tidak, menginformasikan bagaimana cara mengolah dan mengeringkan karet agar bermutu. Termasuk cara menggunakan cairan pembeku deorub.

“Adanya bangunan gudang bokar ini diharapkan memicu semangat baru petani karet untuk terus berupaya meningkatkan mutu produknya. Tentunya dampak semua ini adalah kesejahteraan masyarakat petani karet, yang kini menjadi profesi terbesar di wilayah Marangkayu,” ujar Fauzi lagi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Jangan Cuma Copy Paste
Jangan Cuma Copy Paste

13 Februari 2019 Jam 17:09:23
Perkebunan

Disbun Optimalisasi Lahan Kritis
Disbun Optimalisasi Lahan Kritis

26 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Perkebunan

Government Public Relation