Disdik Diminta Perbanyak Data dan Informasi

Rakor Perencanaan Pendidikan se Kaltim

SAMARINDA - Data  dan informasi akurat sangat diperlukan untuk menyiapkan perencanaan program pendidikan lebih baikbaik. Minimnya data akan menyebabkan perencanaan tidak maksimal. Karena itu, jajaran pendidikan di daerah ini diminta untuk memperbanyak data dan informasi pendidikan.  

“Jika perencanaan tidak berdiri di atas data dan informasi yang baik, Dinas Pendidikan pada hakekatnya telah merencanakan suatu kegagalan. Saya kira ini menjadi evaluasi jajaran Disdik Kaltim maupun kabupaten/kota untuk membahas hal-hal strategis dalam mewujudkan program pendidikan lebih baik,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali usai membuka rapat koordinasi (Rakor) perencanaan pendidikan se-Kaltim 2015 di Kantor Disdik Kaltim, Senin (5/1).

Menurut Bere Ali, rakor yang dilaksanakan Disdik Kaltim merupakan program pertama yang dilaksanakan SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim pada awal 2015. Melalui rakor tersebut, diharapkan dapat memberikan panduan bagi jajaran Dinas Pendidikan se-Kaltim agar mampu mencapai tujuan program pembangunan pendidikan selama 2015.

“Evaluasi dari keberhasilan yang telah dicapai dapat menjadi acuan perencanaan tahun ini, termasuk faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam program sebelumnya yang harus diperhatikan, sehingga tahun ini dapat diselesaikan,” tambah Bere. 

Banyak program yang perlu dibahas dalam rakor tersebut, antara lain terkait proses penyaluran beasiswa Kaltim Cemerlang 2015. Kemudian kesiapan Kaltim tentang program kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006.

Mengenai Beasiswa Kaltim Cemerlang, Bere Ali menyebutkan, selama 2014 mengalami perubahan sistem proses penyaluran. “Selama 2014 Pemprov Kaltim menyerahkan kriteria penerima beasiswa kepada pemerintah kabupaten/kota, mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT).  Sistem  sebelumnya bisa menjadi evaluasi bersama untuk mendukung pelaksanaan tahun ini,” tegasnya.

Pemprov Kaltim saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna menyiapkan SDM berkualitas sebelum habisnya sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan yang hingga saat ini masih menjadi andalan perekonomian Kaltim.  Karena itu, perlu program-program prioritas dalam bidang pendidikan, sehingga dapat dipikirkan SDM seperti apa yang akan disiapkan pemerintah di masa akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim mengatakan rakor tersebut mengagendakan beberapa program yang telah dilaksanakan selama 2014, antara lain peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan peserta didik, penyaluran Beasiswa Kaltim Cemerlang serta pelaksanaan kurikulum 2013 dan KTSP.

“Ketiga program tersebut menjadi prioritas kita tahun depan, diharapkan persamaan pendapat dapat terwujud selama rakor ini, sehingga apa yang menjadi rencana pembangunan dilakukan Pemprov Kaltim dapat tercapai, yaitu mewujudkan peningkatan kualitas SDM,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov)   

Berita Terkait
Government Public Relation