Kalimantan Timur
Disdik Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

foto:yuvita/humasprovkaltim

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengadakan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Provinsi. Kegiatan yang bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur ini diikuti 90 peserta dari SMA se-Kaltim. 

.

"Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum sangat bermanfaat agar para pelajar memahami hukum sejak dini. Mengingat anak-anak merupakan generasi penerus," tutur Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Deden Riki Firman saat membuka acara di Ballroom Hotel Senyiur Samarinda, Senin (23/11/2020).

.

Dia mengatakan, masyarakat sadar hukum sangat diperlukan. Kegiatan ini merupakan bentuk penegakan hukum dari segi pencegahan. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk pelajar terus belajar tentang hukum. Sehingga siswa yang sadar hukum menjadi corong di tengah masyarakat. 

.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi mengatakan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum dapat menjadi modal pokok bagi anak-anak terutama yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi jurusan hukum. 

 

Dia mengatakan, pemenang tiga besar akan menerima bantuan kuliah gratis asalkan mereka masuk kuliah ke fakultas hukum.

.

"Biar kalian-kalianlah yang mengisi Ibu Kota Negara RI. Kalianlah calon-calon jaksa yang tangguh, unggul dari IKN. Saya minta anak-anak serius mengikuti kegiatan ini," pesan Anwar kepada peserta. 

.

Anwar mengatakan, para pemenang Duta Pelajar Sadar Hukum ini direncanakan akan dibawa ke Kejaksaan Agung di Jakarta. Harapannya, generasi muda menjadi peduli dengan hukum sejak dini. (yuv/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait