Disdik Kerjasama dengan Faperta Unmul

Tingkatkan Kualitas Mutu Lulusan SMK Pertanian Kaltim

SAMARINDA- Dinas Pendidikan Kaltim melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Pertanian (Faperta) Unmul tentang pembinaan dan pengembangan kualitas pengetahuan dasar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Pertanian Pembangunan (SMK SPP) Samarinda.
Hal ini dilakukan bertujuan untuk mendukung kualitas mutu lulusan SMK SPP Kaltim yang berada di Samarinda. Sehingga mampu mendukung program pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltim, terutama terkait program food and rice estate.
“Kerjasama ini kami lakukan, karena Pemprov Kaltim memiliki sekolah kejuruan bidang pertanian. Kami ingin, ke depan melalui kerjasama ini diharapkan Pemprov Kaltim dapat mempersiapkan tenaga-tenaga yang andal, sehingga mampu menyukseskan program Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak tentang food and rice estate,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (10/10).
Menurut dia, tujuan dari kerjasama ini diharapkan bukan hanya mendukung kualitas mutu pengetahuan dasar lulusan SMK SPP, tetapi juga bisa mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Sehingga dapat diimplementasikan di lapangan.
Guna mendukung itu, tentu perlu adanya penambahan wawasan terhadap pengetahuan para siswa tersebut, baik praktek maupun teori. Karena yang mempunyai kesiapan dalam menyukseskan pengetahuan bidang pertanian adalah Fakultas Pertanian Unmul, maka kerjasama tersebut dilakukan.
“Kami berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pengetahuan siswa yang masih aktif maupun yang telah lulus dari sekolah tersebut. Apalagi, kami ketahui Fakultas Pertanian Unmul memiliki lahan untuk pengembangan praktek pertanian,” jelasnya.    
Melalui kerjasama ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para siswa SMK SPP untuk giat belajar. Bahkan diharapkan kerjasama ini dapat meyakinkan para siswa bahwa lulusan pertanian betul-betul diperlukan di daerah.
Diharapkan, dengan kerjasama tersebut para siswa lebih profesional dalam bekerja di bidang pertanian. “Dengan kerjasama ini kami berharap siswa yang lulus dari SMK SPP tidak ada yang menganggur. Karena telah memiliki kompetensi yang baik. Tetapi, jika mereka yang lulus dari SMK SPP ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tentu beasiswa juga akan disiapkan Pemprov Kaltim,” jelasnya.
Kerjasama tersebut dalam bentuk pembinaan teori dan praktek yang dilaksanakan setiap per enam bulan bagi siswa yang dipilih dari SMK SPP selama lima tahun. Kerjasama tandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim dengan Dekan Faperta Unmul Hj Rina Shintawati Asra di Samarinda.(jay/hmsprov)

//Foto: Musyahrim
 

Berita Terkait
MUSDA PRAMUKA.
MUSDA PRAMUKA.

07 Maret 2016 Jam 00:00:00
Pendidikan

Sukseskan Gemar Membaca dengan iKaltim
Sukseskan Gemar Membaca dengan iKaltim

14 November 2017 Jam 10:20:47
Pendidikan