Disdik Tidak Instruksikan Libur Sekolah karena Asap

Disdik Tidak Instruksikan Libur Sekolah karena Asap

    

SAMARINDA - Dinas Pendidikan Kaltim belum akan mengeluarkan instruksi khusus kepada satuan pendidikan atau sekolah untuk meliburkan para pelajar karena bencana asap yang masih terjadi di Kaltim.

     Meski demikian, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim kabut asap yang melanda Provinsi Kaltim tetap menjadi perhatian serius. Pasalnya, penyelenggaraan proses belajar mengajar di sekolah bukan tidak mungkin juga akan terganggu akibat kabut asap tersebut.

     “Selanjutnya kami serahkan kepada pemerintah kabupaten/kota khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan,” kata Musyahrim, Jumat (18/9).

     Menurut dia, apabila kondisi tersebut sangat mempengaruhi kesehatan anak-anak, maka pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rekomendasi Dinas Kesehatan dapat meliburkan sekolah, agar kesehatan anak-anak tidak terganggu.

     “Apabila cuaca tersebut tidak layak bagi anak-anak, tentu harus ada kebijakan yang cepat, sehingga tidak berdampak bagi kesehatan pelajar. Artinya, tanpa menunggu perintah dari pemerintah provinsi, kebijakan tersebut harus diputuskan,” jelasnya.

     Karena itu, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota maupun pihak sekolah diminta untuk selalu mengetahui perkembangan terkini mengenai kabut asap di daerah agar kebijakan dapat diputuskan dengan baik sehingga tidak menganggu proses belajar mengajar dan tidak juga menganggu kesehatan anak.  (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait