Dishub Kaltim Bernahi Dermaga Feri Kariangau

Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2013


SAMARINDA - Mengantisipasi meningkatnya  penumpang akibat arus mudik Lebaran 2013, Pemprov Kaltim melalui Dinas Perhubungan sudah mempersiapkan sarana dan prasrana pendukung untuk kelancaran arus mudik khususnya fasilitas pada penyeberangan feri Kariangau Balikpapan dan Panajam Paser Utara (PPU).
"Fasilitas yang dibenahi antara lain adalah dermaga dan mobile break (MB) yang melayani dua line, sehingga pada saatnya nanti nanti tidak ada masalah. Minimal antrian panjang bisa ditekan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim H Zairin Zain melalui Kepala Bidang  Angkutan Sungai  Danau Penyeberangan (ASDP) Kaltim Murjani usai apel gabungan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (17/6).  
Mobile break atau pintu hidrolik menggunakan tenaga listrik sehingga perlu penanganan serius.  Sebagai antisipasi jika  terjadi pemadaman listrik, genset pun disiapkan.
"Untuk persiapan arus mudik baik ke PPU maupun ke Sulawesi, berbagai upaya terus  kami lakukan. Semua demi kenyamanan masyarakat penguna feri penyeberangan," ujarnya.
Saat ini lanjut Murjani, penyeberangan fery Kariangau dilakukan dengan pola 8-2. Pola 8-2 dengan sistem delapan kapal ferry beroperasi sementara dua buah kapal lainnya dalam posisi istirahat (stanbay), sehingga antrian panjang bisa ditekan sedini mungkin.
Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan menghindari  antrean panjang kendaraan yang akan menyeberang baik dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan maupun sebaliknya dari Pelabuhan Penajam, Kabupaten PPU.
Nantinya, pada puncak arus mudik jika penumpang membludak dua feri cadangan juga ikut beroperasi sehingga ada 10 kapal feri akan mendukung arus mudik. (sar/hmsprov).

///Foto : Kapal Ferry penyeberangan Balikpapan-PPU yang siap melayani kepadatan penumpang pada arus mudik Lembaran 2013.(dok/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation