Dishut Bermitra Dengan Kideco Kembangkan Jabon


 

SAMARINDA – Dalam upaya penyediaan benih atau bibit tanaman jabon (Anthocephalus cadamba), Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim bermitra dengan PT Kideco Jaya Agung (KJA). 

"Persemaian PT Kideco sangat bagus, sehingga kita akan membuat MoU (kerjasama) dengan perusahaan itu untuk pengembangan pembibitan kayu jabon,” kata Kepala Dishut Kaltim Wahyu Widhi Heranata.

Menurut dia, pemerintah bersama UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera memberdayakan persemaian milik perusahaan tambang batubara di Kabupaten Paser itu.

Sementara itu Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Mahakam Berau (BPDASHLMB)  Kaltim akan melakukan pendampingan terhadap kegiatan tersebut.

Kedepan, persemaian PT KJA akan menjadi supplier benih atau bibit tanaman jabon di wilayah Kaltim.

Dia berharap pengembangan tanaman jabon yang telah menjadi program Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak didukung kabupaten dan kota serta swasta.

Apalagi lanjut Wahyu, tanaman jabon merupakan tumbuhan hutan yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk bahan baku industri dengan umur tanam cukup pendek (4 - 5 tahun).

Karenanya, sesuai keinginan Gubernur agar tanaman ini bisa dilakukan masyarakat guna peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, komoditas ini sebagai bahan baku industri bisa diolah menjadi wallpaper, wallpanel ataupun bahan olahan pertukangan lainnya termasuk aksesoris dan souvenir.

“Apabila tanaman ini sudah berkembang diharapkan sudah ada industri yang bisa mengolah downstream (produk hilir). Selain memiliki nilai ekonomi tinggi juga berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," harap Wahyu Widhi. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation