Dishut Gelar Gladi Posko Karhutla

ist

SAMARINDA - Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim menggelar Gladi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda, Senin (29/7/2019).

Kegiatan yang melibatkan jajaran Kodam VI Mulawarman/Korem 091 Aji Surya Natakesuma dan Kepolisian Daerah Kaltim/Polresta Samarinda serta personil instansi terkait di lingkup Pemprov Kaltim dilaksanakan selama dua hari (29-30 Juli) diikuti ratusan peserta.

Dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Amrullah bahwa kegiatan sangat penting dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja dan bertugas serta bertanggungjawab dalam penanggulangan Karhutla.

"Sudah menjadi kewajiban kita bersama menyelamatkan hutan dan lahan dari kerusakan," kata Amrullah saat mewakili Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi membuka Gladi Posko Karhutla Kaltim 2019.

Terutama lanjutnya, kerusakan akibat kebakaran yang polusi asapnya bisa berdampak luas. Tidak hanya dirasakan masyarakat lokal tetapi mancanegara.

Melalui Gladi Posko, para petugas diajak melakukan simulasi tata cara dan tindakan penanggulangan Karhulta. Mula tahap penerimaan laporan awal kebakaran, penanganan hingga pasca Karhutla.

Selain itu, pelatihan ini akan dapat mengukur peta kekuatan dan kemampuan personil yang tersebar di daerah terkait pengendalian Karhutla.

"Kita berharap semua pihak terkait memiliki kemampuan dan terampil profesional dalam penanggulangan Karhutla," ujarnya.

Ditambahkannya, Pemprov mengharap dukungan semua pihak baik instansi pemerintah, swasta mauoun maayarakat dalam menyelamatkan hutan dan lingkungan.

Kegiatan dihadiri jajaran Dinas Kehutanan Kaltim, TNI dan Polri, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK dan Kepala Balai lingkup LHK.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation