Dishut Lanjutkan Sosialisasi Program Perhutanan Sosial

Hutan Kaltim harus dimanfaatkan dengan bijak dengan program perhutanan sosial. (dok/humasprov)

SAMARINDA - Dinas Kehutanan Kaltim  melanjutkan  sosialisasi  program perhutanan sosial  yang  bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar hutan melalui pemberdayaan masyarakat dengan memperhatikan aspek kelestarian hutan. 

Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Amrullah  mengatakan Dinas Kehutanan  terus menyosialisasikan program perhutanan sosial ke beberapa daerah sebagai upaya pemberdayaan  masyarakat  di sekitar  hutan  berupa penguatan dan pemberian akses ke hutan dan pemanfaatannya yang  boleh dilakukan  baik secara  individu maupun kelompok masyarakat.

Dikatakan, program perhutanan sosial  akan lebih memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat dalam pengelolaan hutan., sehingga masyarakat sekitar hutan bisa lebih maksimal dalam menjaga dan melestarikan hutan, termasuk dapat memanfaatkan dari hutan yang dikelolanya.

"Dalam program tersebut ada agro silvo pastural dimana Dishut akan bekerja sama dengan Dinas Peternakan, kemudian  bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan melalui  agro fisheri.  Misalnya  bagaimana tambak-tambak yang dikelola  masyarakat bisa  ramah lingkungan," papar Amrullah, saat mendampingi Gubernur Kaltim menerima Dubes India Mr Pradeep Kumar Rawat di Guest Hourse Komplek Lamin Etam, Selasa (4/9).  

Amrullah mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasikan ke kabupaten/kota untuk menggalakkan kembali program tersebut   ke beberapa kabupaten/kota.  

Ditambahkan,  dengan  sosialisasi program  tersebut tentu diharapkan  masyarakat bisa diberdayakan dan  bekerjasama dengan pemegang HPH maupun HTI.  Karena hutan  merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat sekitar di sekitar hutan.  

"Program perhutanan sosial juga diharapkan dapat mengurangi konflik yang sering terjadi antara masyarakat lokal dengan pemerintah mengenai penggunaan hutan. Dalam program tersebut kita juga bekerjasama  dengan lintas sektor, baik lingkup pemprov maupun kabupaten/kota untuk mendukung program tersebut," pungkas Amrullah. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation