Disiapkan 266 Rumah untuk Peserta Peda KTNA

SAMARINDA – Tidak kurang 266 unit rumah disiapkan panitia Pekan Daerah  Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) IX  Kaltim 2016 bagi pemondokan peserta. Pemondokan yang merupakan rumah penduduk itu dipersiapkan bagi  peserta dari sepuluh kabupaten dan kota se-Kaltim yang mencapai 1.438 orang.  
“Peserta Peda menginap di rumah penduduk selama penyelenggaraan dengan biaya masing-masing Rp125.000 per orang per hari,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim Fuad Asaddin pada rapat pemantapan persiapan Peda-KTNA 2016 di Kantor BKPP Kaltim, Senin (24/4).
Kegiatan yang dilaksanakan sejak 9-14 Mei di Desa Gunung Mulia, Gunung Makmur dan Gunung Intan Kecamatan Babulu Penajam Paser Utara rencananya akan dibuka Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.
Perhelatan tiga tahunan tingkat provinsi ini diikuti pelaku utama sektor pertanian dalam arti luas (petani, nelayan dan penyuluh) yang tergabung dalam KTNA kabupaten dan kota.
Peda merupakan bagian persiapan menghadapi pertemuan akbar nasional pelaku utama atau pekan nasional (Penas) XV di Aceh pada 2017.  Khusus Peda Kaltim  lanjut Fuad, pada hari pembukaan Rabu (11/5) akan dirangkai dengan panen raya dan diisi dialog peserta dengan Mentan Amran Sulaiman, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dan Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Tohir.
Selain itu, Gubernur Kaltim dan Mentan berkesempatan membuka secara resmi ekspo Peda KTNA 2017 dan penanaman pohon di Desa Gunung Mulia. “Kegiatan Peda diisi dengan temu profesi, temu sukses petani dan penyuluh serta temu agribisnis pertanian, perkebunan dan peternakan serta festival kesenian dari masing-masing daerah peserta Peda,” ungkap Fuad Asaddin. (yans/sul/es/humasprov

Berita Terkait