Diskomifo Kaltim Laksanakan Penilaian Panji Keberhasilan

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Diskominfo Kaltim tengah menyiapkan penilaian kepada Pemkab atau Pemkot se-Kaltim terkait dengan penghargaan dua panji keberhasilan pembangunan dari Pemprov Kaltim dalam rangkaian peringatan  HUT Pemprov Kaltim ke-60 pada 2017.

Dua panji keberhasilan tersebut yakni panji keberhasilan pembangunan bidang e-government dan panji keberhasilan pembangunan bidang pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Abdullah Sani mengatakan kedua panji keberhasilan itu masuk dalam penilaian Diskomifo karena berkaitan dengan tugas Diskominfo Kaltim.

"Saat ini proses penilaian untuk dua panji keberhasilan itu sudah kita laksanakan dan nanti akan diberikan saat puncak peringatan HUT Kaltim ke-60," katanya.

Ada sejumlah acuan penilaian dalam pemberian kedua panji keberhasilan pembangunan dari Diskominfo Kaltim. Penilaian bidang e-government acuan penilaiannya yakni kebijakan, kelembagaaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan yang diterapkan di masing-masing kabupaten atau kota.

Sedangkan bidang pelaksanaan keterbukaan informasi diantaranya yakni terkait dengan bagaimana mengumumkan, menyediakan dan melayani masyarakat dalam hal pengelolaan dan dokumentasi informasi.

“Namun demikian, kita berharap pemeringkatan atau penilaian bukan menjadi tujuan. Terpenting bagaimana setiap badan publik dapat melaksanakan e-government dan keterbukaan informasi publik dengan sebaik mungkin,” katanya.

Selain memberikan panji keberhasilan pembangunan kedua bidang tersebut, Diskominfo juga akan memberikan penghargaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten atau kota, penghargaan peduli Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan penghargaan peduli Kelompok Informasi Masyarakat hingga penghargaan yang akan diberikan untuk mitra kerja, misalnya Kodam VI Mulawarman, PT Telkom, Telkomsel dan Indosat,” katanya. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait