Diskominfo akan Bangun Rumah Internet di Perbatasan

Diskominfo akan Bangun Rumah Internet di Perbatasan

SAMARINDA -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana membangun rumah internet di setiap kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan daerah perbatasan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Abdullah Sani didampingi Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Atmaji mengatakan bahwa Kabupaten Mahulu yang berbatasan dengan Malaysia masih belum bisa mengakses jaringan internet.

"Kalau untuk komunikasi melalui telepon sudah aktif. Hanya untuk jaringan internet saja belum ada di kawasan perbatasan. Kami akan upayakan, 2016 nanti di setiap kecamatan sudah bisa menjelajah dunia maya dengan jaringan internet," katanya.

Mengenai alat pemancar untuk menjelajah dunia maya, Atmaji mengatakan, Diskominfo Kaltim akan membantu membangun Very Small Aperture Terminal (V-sat) yang berfungsi untuk menerima dan mengirim data melalui satelit.

"Kalau V-sat sudah terbangun, kami akan langsung bangun rumah internet. Saat ini, kami masih berkoordinasi dengan jajaran Kementerian Kominfo agar bisa memberi bantuan V- sat untuk dipasang di kawasan perbatasan," katanya.

Rumah internet, kata Atmaji akan dibangun di setiap kecamatan sebagai tempat untuk mengakses jaringan internet, mencari informasi dan bersosialisasi melalui dunia maya. "Kami akan terus upayakan, kawasan perbatasan bisa berakses internet," katanya. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation