Diskominfo Berencana Tambah Perangakat Wifi di Kabupaten/Kota

SAMARINDA –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim berencana menambah  perangkat Wireless Fidelity (Wifi) atau perangkat internet tanpa kabel di beberapa titik keramaian di Kaltim.
Sebelumnya, Balai Penyedia dan Pengelola Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kemenkominfo RI bersama Diskominfio Kaltim telah memasang 28 titik Wifi se Kaltim.
Rencana pemasangan dan penambahan perangkat Wifi ini dijelaskan Kepala Diskominfo Kaltim,  Abdullah Sani di ruang kerjanya, Senin (22/4).
“Diskominfo Kaltim bekerjasama dengan Balai Penyedia dan Pengelola Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kemenkominfo telah memasang 28 titik se Kaltim, termasuk tiga di ibukota provinsi yaitu di Dermaga Kantor Gubernur Kaltim,  Masjid Islamic Centre dan Stadion Madya Sempaja,” jelasnya.
Selanjutnya, akan mengusulkan kepada Pemerintah Pusat dan meminta dukungan DPRD Kaltim untuk menambah titik-titik Wifi di pusat-pusat keramaian dan berkumpulnya masyarakat. Khusus di Samarinda, rencanaya akan dipasang di sepanjang Tepian Sungai Mahakam.
Menurut dia, dengan hanya mengandalkan 28 titik Wifi se Kaltim bantuan dari BP3TI ini, tentunya  belum mampu menjangkau dan memenuhi tempat-tempat berkumpulnya masyarakat atau komunitas-komunitas  tertentu yang memanfaatkan internet secara terbuka.
Disebutkan, pemenuhan kebutuhan perangkat Wifi di Kaltim perlu mendapat dukungan dari semua  pihak agar seluruh masyarakat Kaltim tidak ada lagi yang  buta dan gagap teknologi internet yang mendunia.
Disamping layanan internet gratis di tempat-tempat terbuka dan keramaian, Diskominfo juga mempersilahkan masyarakat untuk memanfaatkan internet di Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK) yang berada di Kantor Diskominfo Kaltim  Jalan Basuki Rahmad pada setiap jam kerja.
“Kita ingin mewujudukan cita-cita Gubernur Kaltim agar tidak ada masyarakat buta internet. Tentunya memanfaatkan fasilitas internet tersebut untuk menunjang berbagai aktifitas baik tugas kuliah, tugas sekolah maupun tugas pekerjaan,” ujarnya. (yul/hmsprov).

///Foto : Mobil internet yang dioperasikan Diskominfo Kaltim.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation