Diskominfo Kaltim akan Bangun Fiber Optik

Diskominfo Kaltim akan Bangun Fiber Optik

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim telah merencanakan pembangunan fiber optik (FO) yang merupakan sistem komunikasi menggunakan serat optik untuk menghubungkan Kantor Gubernur Kaltim dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim pada 2016.

"Dalam pembangunan FO ini, kami akan bekerjasama dengan pihak ketiga," kata Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani didampingi Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo Kaltim Akhmad Mulyadi, Minggu (13/12).

Dijelaskan Sani, pembangunan FO dimaksudkan agar akses data pelayanan di setiap kabupaten dan kota serta lingkup Pemprov Kaltim secara online dapat terbaca di server Diskominfo Kaltim. Pembangunan FO ini juga sebagai terobosan baru untuk memperlancar pengiriman data, suara dan video.

"Ke depan, bukan hanya di lingkungan Pemprov Kaltim saja, tapi juga akan menghubungkan ke seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Kaltim," katanya.

Mulyadi menambahkan, FO disiapkan untuk memperkuat pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Akses data informasi yang ada di seluruh lingkungan Pemprov Kaltim maupun pemkab dan pemkot akan terbaca di server Diskominfo Kaltim dengan cepat.

"Yang jelas, FO ini nantinya bisa mengakses data informasi secara baik dan berkualitas," katanya.

Bukan hanya pembangunan FO, Diskominfo Kaltim juga berencana akan membangun repeater di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) sebagai penguatan sinyal yang selama ini menjadi hambatan dalam melakukan akses informasi baik melalui telepon ataupun melalui internet.

"Kita memang sudah membangun. Namun, masih terkendala dengan perbukitan. Kami berencana membangun repeater di perbukitan untuk mengatasi akses data maupun informasi dengan menggunan telepon," katanya. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait