Kalimantan Timur
Diskominfo Kaltim Berikan Pelatihan Internet Sehat Gratis

SAMARINDA - Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK), Diskominfo Kaltim memberikan pelatihan internet sehat sejak awal Januari hingga Juli bagi 400 peserta tanpa biaya atau gratis.
Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani melalui Kabid Aplikasi dan Telematika (Aptel), Adrie Dirga Sagita mengatakan, pelatihan tersebut diikuti oleh peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa dan PNS di lingkungan Pemprov Kaltim maupun Pemkab dan Pemkot yang tersebar di Kaltim.
"Kita berikan pelatihan sesuai dengan permintaan," katanya.
Lebih lanjut Dirga mengutarakan, pada tahun sebelumnya, untuk pelatihan biasanya telah diprogramkan dalam program peningkatan kualitas SDM dalam bidang TIK.
"Namun, untuk tahun ini tidak kita programkan karena anggaran secara khusus tidak ada. Tapi, kami tetap melaksanakannya karena pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kita upayakan untuk memberikan pelatihan dengan memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada,” katanya.
Mengenai jadwal pelatihan, Dirga mengatakan, dalam pelaksanaannya dijadwalkan dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan peserta sekitar 40 orang setiap kali sesi pelatihan. Sedangkan materi yang disampaikan berkaitan penggunaan perangkat TIK, hingga desain dan pengelolaan website.
“Prinsipnya kita siap memfasilitasi. Bagi instansi pemerintah, pelajar, dan mahasiswa yang ingin diberikan pembekalan penggunaan internet sehat silakan berkunjung ke kantor Diskominfo Kaltim dengan membawa surat berisikan permohonan diberikan pelatihan. Untuk biayanya tidak ada. Semuanya gratis,” ujarnya. (rus/humasprov)

Berita Terkait