Diskominfo Kaltim segera Operasionalkan M-Cap

SAMARINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim akan segera mengoperasikan Mobile Community Acces Point (M-Cap) atau mobil internet keliling akhir Maret mendatang.

"Maret ini sudah dioperasikan. Jadwalnya masih akan disusun. Yang jelas, hingga akhir Maret ini mobil internet sudah bergerak keliling kabupaten dan kota," kata Kepala Diskominfo Kaltim didampingi Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Adrie Dirga Sagita. 

Dirga menyebutkan bahwa M-Cap akan mengelilingi tempat keramaian di setiap desa dan kecamatan. Kabupaten Kukar adalah kabupaten pertama yang akan dikelilingi mobil internet ini.

"Selanjutnya, kami akan ke Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Kutai Timur. Untuk ke Berau dan Kutai Barat serta kabupaten lainnya, kami masih akan melihat kondisi peralatan di dalam mobil," katanya.

Terdapat sejumlah fasilitasi dari M-Cap yang sudah dioperasionalkan sejak 2010, diantaranya warung internet, pemutaran video melalui LCD TV dengan format, VCD, DVD dan lain-lain serta menyediakan fasilitas free wifi tanpa menggunakan pasword.

"Di dalam mobil terdapat enam komputer yang sudah terkoneksi internet. Pengunjung juga bisa berakses internet secara gratis melalui laptop masing-masing pengunjung karena telah disediakan free wifi tanpa pasword," katanya.(rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait