Kalimantan Timur
Diskominfo Kaltim Siapkan Aplikasi Covid-19

Ist

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menyiapkan aplikasi terkait perkembangan penanganan Covid-19. Aplikasi ini digagas  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim.

Aplikasi ini bertujuan menyatukan persepsi informasi perkembangan penanganan Covid-19 yang dipusatkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, khususnya perkembangan jumlah bantuan yang diterima Pemprov Kaltim, baik dari Pemerintah Pusat maupun para donator dan masyarakat.

"Aplikasi ini menindaklanjuti arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Agar, pengaduan masyarakat masuk dalam sistem aplikasi perkembangan penanganan Covid-19. Alhamdulillah sudah kita siapkan. Sebutannya Aplikasi Bantuan Covid-19. Aplikasi ini sudah bisa diakses," kata Kepala Diskominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah usai Rapat Koordinasi Pembuatan Aplikasi Bantuan Covid-19 Provinsi Kaltim di Kantor Diskominfo Kaltim, Rabu (19/5/2020).

Diddy menyebutkan, melalui aplikasi ini masyarakat selain dapat mengetahui perkembangan kasus Covid-19, juga mengetahui berapa bantuan yang sudah diterima maupun tersalurkan oleh Satgas Covid-19 Provinsi.

Dengan mengetahui perkembangan dari aplikasi itu, maka masyarakat disilakan untuk melakukan aduan jika memang ada yang tidak sesuai di lapangan.

"Melalui aplikasi ini, maka apa yang menjadi kebutuhan dalam penanganan kasus virus corona dapat terpublikasikan," jelasnya.

Menurut Diddy, sejak awal pandemi Covid-19 di Benua Etam, aplikasi tersebut sebenarnya sudah diakses. Hanya saja, masih ada penambahan fitur. Yaitu, fitur tentang adanya aduan dari masyarakat dan informasi bantuan Covid-19.

"Aplikasi yang sudah kita jalankan atau buka, yaitu aplikasi Kaltim Tanggap Covid-19. Alhamdulillah pengunjung aplikasinya sudah mencapai 200 ribuan," jelasnya.

Rapat koordinasi juga dihadiri Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim H Andi Muhammad Ishak.(jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait