Diskominfo Kaltim Usulkan

SAMARINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim mengusulkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN 2016-2017 untuk pembangunan menara telekomunikasi perbatasan sebanyak delapan unit.

"Tahun ini kita usulkan empat menara (tower) untuk dibangun dan empat tower kita usulkan dibangun tahun depan,” kata Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani melalui Kabid Pos dan Telekomunikasi (Postel) Atmadji pada Minggu (24/7).

Menurut Atmaji, usulan anggaran tersebut difokuskan lokasi pembangunannya untuk kawasan perbatasan dan wilayah kemaritiman atau pulau terluar di Kaltim yang menjadi upaya dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan negara di kawasan strategis nasional. Untuk Kawasan perbatasan pembangunannya diusulkan di Kecamatan Long Pahangai dan Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu. Sedangkan wilayah kemaritiman diusulkan pembangunannya di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau.

“Keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat. Jangan sampai masyarakat lebih mudah mengakses jaringan telekomunikasi dari negara tetangga ketimbang dari negeri sendiri,” katanya.

Abdullah Sani berharap dengan dukungan APBN dapat mempecepat terwujudnya target Kaltim bebas blankspot area 2018. Terlebih kondisi anggaran Kaltim sekarang tidak memungkinkan pembangunan tower secara optimal.

"Kondisi anggaran Kaltim tidak memungkinkan pembangunannya secara maksimal. Karena itu, kami berharap melalui APBN agar target Kaltim Bebas Blankspot 2018 dapat terwujud," tegasnya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation