Diskusi Panel Menyambut IKN, Konsep Green City untuk Ibu Kota

Diskusi panel Kaltim menyambut ibu kota negara (IKN) (humasprovkaltim)

SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kalimantan Timur, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Masjaya membuka diskusi panel Kaltim menyambut ibu kota negara (IKN) di Gedung Olah Bebaya Komplek Pendopo Odah Etam, Kamis (19/9/2019).

Masjaya memaparkan konsep yang diusung pemerintah untuk membangun ibu kota negara adalah green smart and beautiful city atau green capital. "Kami berharap pemindahan ibu kota ini tidak mengulangi persoalan yang dihadapi di Jakarta," tutur Masjaya.

Dia melanjutkan, ciri green city ialah mampu mempertahankan hutan-hutan di dalamnya. Karena di Kalimantan, hutan-hutan diharapkan didominasi tumbuhan endemik Kalimantan. "Suasana akses menuju ibu kota sebaiknya tidak padat penduduk, nuansanya alami dengan kondisi lingkungan yang asri. Jadi keinginan antara kota penyangga dengan ibu kota negara adalah bagaimana kita menikmati keindahan panorama bernuansa pedesaan," tutur Masjaya.

Tak hanya lingkungan hijau, Masjaya berharap masalah sosial budaya masyarakat juga tetap bercirikan budaya khas Kalimantan. Artinya, kearifan lokal harus diangkat mewarnai ibu kota negara.

Hadir Ketua Harian IKA Unmul Meiliana. Diskusi panel dihadiri 300 peserta dari guru besar, tokoh masyarakat, pimpinan perangkat daerah, alim ulama, mahasiswa dan alumni. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait