Disnak Jalin Kerjasama BPTP Kaltim

 

SAMARINDA – Pencapaian populasi dua juta sapi Kaltim terus dioptimalkan Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim dengan memaksimalkan potensi daerah termasuk instansi terkait.

Kali ini Disnak Kaltim membangun kerjasama yang sinergis dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim. Khususnya untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya agar menghasilkan inovasi teknologi ternak sapi di Kaltim.

Menurut Kepala Disnak Kaltim H Dadang Sudarya, kerjasama untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat subsektor peternakan.

“Kerjasama kita dengan BPTP meliputi penyebaran dan pengembangan pembibitan ternak sapi potong,” katanya.

Selain itu, pengembangan teknologi tepat guna dan hijauan pakan ternak serta sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan.

Dadang meyakini kerjasama yang sinergis kedua pihak tentunya mampu memacu peningkatan pertumbuhan dan pertambahan populasi ternaik sapi Kaltim.

Terlebih Kaltim dengan sepuluh kabupaten dan kotanya memiliki berbagai keunggulan dan potensi besar yang belum dikelola secara maksimal.

Terpenting lagi lanjutnya, BPTP sebagai instansi yang membidangi kajian teknologi di sektor pertanian tentunya memiliki inovasi ataupun terobosan di subsektor peternakan.

“Kerjasama kami untuk waktu lima tahun kedepan dan setiap tahun akan kita evaluasi. Komitmennya adalah implementasi teknologi peternakan dan kesehatan hewan yang terus berkembang pesat di Kaltim agar terjadi percepatan pembangunan dan pengembangan subsektor ini untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait