Disnak Kaltim Luncurkan SMS Gateway untuk Tingkatkan Pelayanan

SAMARINDA – Sesuai dengan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak agar setiap SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim harus melakukan inovasi dan terobosan dalam upaya peningkatkan pelayanan. Terkait dengan hal itu Dinas Peternakan segera meluncurkan SMS (short message service/pelayanan pesan singkat) Gateway melalui telepon seluler.
“Kita akan bangun sistem pelayanan kepada petani peternak dengan dukungan teknologi informasi. Melalui SMS Gateway maka masyarakat dapat menyampaikan kondisi ternak kepada petugas,” kata Kepala Disnak Kaltim H Dadang Sudarya didampingi Kabid Perbibitan dan Budidaya I Gde Made Jaya Adhi.
Menurut dia, pesan singkat yang disampaikan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan keadaan ternaknya terutama kondisi kesehatan maupun informasi tentang perkembangan ternak lainnya akan ditindaklanjuti petugas saat menerima SMS itu.
Misalnya, petani mengirimkan pesan ke petugas melalui SMS Gateway  tentang kondisi hewan ternaknya yang sedang sakit atau mengidap suatu penyakit yang tidak diketahui dan memerlukan pertolongan,  maka petugas segera datang.
Dijelaskan, pola pelayanan  ini dilakukan guna meningkatkan populasi dan  produksi serta produktivitas ternak Kaltim. Sekaligus, upaya untuk mengurangi angka kematian ternak khususnya saat melahirkan.
“Kita akui masih banyak petani yang sulit mendapat akses pelayanan terutama yang berada di pedesaan untuk kesehatan hewan. Salah satu kendalanya,  kurang akses informasi kepada petugas guna memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” jelasnya.
Diharapkan, dengan terbangunnya fasilitas pelayanan SMS Gateway peternakan itu maka petani akan mudah mencari informasi ataupun menyampaikan permasalahan yang dihadapinya dengan cepat ke petugas yang segera datang untuk memberikan pelayanan.(yans/hmsprov).

///Foto : Kaltim terus mendorong penambahan populasi ternak sapi, salah satunya terus memperhatikan kesehatan ternak masyarakat melalui program SMS Gateway. (dok/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation