Disnakertrans Kaltim Siap Cetak Wirausaha Muda

Bentuk Kelompok Usaha Rumah Terampil


SAMARINDA – Setelah sukses menyelenggarakan Pameran Bursa Kerja (Job Market Fair) 2013 dengan menyertakan Usaha Kecil Menengah Koperasi (UKMK) dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan pada tanggal 10-12 April 2013, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim kembali menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi calon wirausaha muda dan dilanjutkan dengan pelatihan dalam rangka pembentukan kelompok usaha “Rumah Terampil.”
Demikian diungkapkan Kepala Disnakertrans Kaltim H Ichwansyah yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, H.S Abdullah saat membuka Pelatihan Kewirausahaan di Samarinda, Kamis-Sabtu (25-27/4). Tujuan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan ini antara lain untuk memenuhi kuota pelatihan calon wirausaha muda sebanyak 1.000 orang seperti yang telah dicanangkan oleh Gubernur Kaltim, Dr. H. Awang Faroek Ishak.
“Para wirausahawan muda ini adalah mereka yang benar-benar baru terjun ke dunia bisnis secara nyata. Hanya berbekal keinginan dan tekad kuat peserta, Disnakertrans Kaltim memberikan pelatihan dasar selama tiga hari dan terjun langsung ke beberapa pasar modern (mall) di Samarinda untuk belajar manejemen pasar modern dan melihat sejumlah produk UKMK,” ungkapnya.
Dijelaskan, para calon wirausaha pemula tersebut selain dibekali dengan pelatihan manajemen dan kemampuan berusaha, juga akan mendapatkan akses permodalan untuk pembiayaan UKMK melalui fasilitasi lembaga keuangan pemerintah dan swasta. Contohnya, pembiayaan usaha dari PT Jamsostek Tbk. yang memberikan modal bagi pengembangan usaha sebesar Rp5.000.000 tanpa jaminan sedikitpun.
Untuk menjadi wirausahawan muda, lanjut dia, Disnakertrans Kaltim melakukan penilaian langsung guna melihat bakat dan minat peserta. Setelah itu para peserta dipersiapkan untuk melakukan praktek memproduksi produk barang dan jasa.
Selanjutnya, peserta diminta untuk mengemas barang sampai kepada praktek pemasaran terhadap produk yang dihasilkannya dengan membentuk kelompok usaha dalam Wadah Rumah Terampil yang difasilitasi oleh Disnakertrans Kaltim.
Ditambahkan Abdullah, untuk menciptakan calon wirausaha produktif dan mandiri, akan mampu untuk merekrut tenaga kerja disekitar rumah produksi masing-masing. Misalnya, satu wirausaha muda mampu memperkerjakan empat orang, berarti akan ada 400 orang lain terserap menjadi pekerjanya. Sehingga akan tumbuh wirausaha muda yang mampu memberdayakan masyarakat disekitarnya.
“Setiap tahun kita melatih 100 orang wirausaha muda baru yang tidak memiliki usaha namun memiliki keinginan kuat untuk terjun ke usaha kecil dan menengah. Wirausaha pemula ini diharapkan dapat menjadi wirausaha produktif dan mandiri sebagai salah satu upaya untuk menurunkan jumlah angka pengangguran di Kaltim,” harapnya. (yul/hmsprov).

///Foto : Sejumlah peserta pelatihan kewirausahaan.(ist)


 

Berita Terkait