Disnakertrans Tingkatkan Pembinaan Ketenagakerjaan


 

SAMARINDA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim akan terus meningkatkan pelatihan dan pembinaan tenaga kerja, namun angkanya menyesuaikan kemampuan kondisi keuangan daerah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim H Fathul Halim mengatakan untuk pembinaan dan kewirausahaan sebelumnya sudah dilakukan, dan pada 2017 ini, program pelatihan dan pembianaan terhadap ketenagakerjaan akan kembali dilanjutkan dengan melibatkan seluruh Balai Latihan Kerja  Industri (BLKI) di Kaltim. 

"Meski ada keterbatasan dana,  kita mengupayakan untuk terus meningkatkan program-program Disnakertrans sebelumnya, seperti melaksanakan  pelatihan ketenagakerjaan dengan melibatkan BLK I," kata Fathul Halim Rabu, (18/1).  

Pelatihan yang akan dilanjutkan adalah pelatihan las maupun otomotif karena  dibutuhkan pasar kerja.

"Kita optimalkan BLKI Samarinda, BLKI Balikpapan dan BLKI Bontang. Namun daerah lain yang memiliki BLKI sendiri, diharapkan juga dapat memaksimalkan fungsi BLKI yang dimiliki," tambah Fathul.

Kehadiran BLKI di daerah, lanjut Fathul, juga sangat diharapkan untuk dapat menciptakan  lapangan kerja di berbagai bidang  baik sektor pertanian dan perkebunan maupun sektor lainnya.

"BLKI di daerah hendaknya dapat memberikan pembinaan dan pengetahuan kepada masyarakat petani dan pekebun agar mampu menjadi petani dan pekebun profesional, sehingga mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan perkebunan mereka," kata Fathul Halim. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation