Disperindagkop Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Manik

Disperindagkop Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Manik
  
SAMARINDA-
Untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di bidang kerajinan anyaman manik-manik, Pemprov Kaltim melalui  Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim memberikan pelatihan kepada 30 pengrajin manik di Kecamatan Samarinda Utara. Pelatihan akan digelar selama tiga hari.

"Kegiatan ini  merupakan perwujudan sinergitas antara pemanfaatan hasil kerajinan untuk menunjang sektor pariwisata," kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim, H Mohamad Djailani usai  membuka pelatihan tersebut di Kantor Camat Samarinda Utara, Rabu (25/6).

Ia berharap hasil dari pelatihan ini, karya kerajinan manik mampu  bersaing di  pasar lokal maupun nasional. Untuk memperoleh hasil terbaik dalam pelatihan ini  juga dihadirkan instruktur  berpengalaman dari Yogyakarta.
   Diharapkan pula dengan pelatihan itu para pengrajin manik mampu berinovasi untuk menghasilkan karya berkualitas yang dapat bersaing di level nasional bahkan  internasional. 

Disperindagkop dan UMKM Kaltim terus menggenjot pertumbuhan Usaha Kecil Menengah  agar perekonomian masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif bagi masyarakat.

Djailani menambahkan, keberhasilan program pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya dan sumber daya lokal daerah perlu mendapat dukungan semua stake holder dan lintas sektor guna mendorong percepatan pengembangan produk unggulan daerah.

"Pelatihan kerajinan manik-manik ini sangat tepat dilakukan di Samarinda Utara yang tidak jauh dari Desa Budaya Pampang sehingga hasil kerajinan ini bisa dipasarkan di desa wisata tersebut. Muaranya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan lapangan kerja baru," ujar Djailani. 

Sekretaris Kecamatan Samarinda Utara, Darmawan yang hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemprov Kaltim ini.

"Pelatihan ini sangat penting dan kami berharap akan semakin banyak tumbuh  industri rumah tangga di bidang manik-manik di daerah kami," ujarnya. (sar/sul/hmsprov). 

 

Foto : Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim HM Djailani mengalungkan tanda peserta kepada salah seorang pengrajin di Samarinda. (sarjono/humasprov)

 

Berita Terkait