Disperindagkop Kaltim Gelar Temu Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

Disperindagkop Kaltim Gelar Temu Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

 

SAMARINDA - Disperindagkop Kaltim pada Selasa (24/11) di Hotel Aston Samarinda mengadakan temu pemberdayaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaltim yang bertujuan untuk membangun sinergitas dan koordinasi serta menyamakan persepsi pemberdayaan koperasi dan umkm serta dalam rangka membangun perekonomian daerah di Kaltim.

Kepala Disperindagkop kaltim Ichwansyah mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tema menuju terwujudnya koperasi sebagai soko guru perekonomian dan umkm sebagai penggerak ekonomi daerah.

"Dalam temu ini diharapkan dapat teridentifikasi segala kendala dan permasalahan yang timbul didaerah pada bidang koperasi dan UMKM. serta mencari solusi pemecahan masalah secara kongkrit dalam upaya mendorong penguatan koperasi dan UMKM sebagai penggerak ekonomi," katanya.

Menurut Ichwansyah, pertemuan ini sangat penting karena dapat memberikan dampak positif dalam upaya peningkatan dan pengembangan serta pemberdayaan koperasi dan UMKM di kaltim.

"Pemberdayaan koperasi dan UMKM sangat penting karena dapat memberikan andil yang cukup besar dalam penyediaan lapagan kerja sekaligus mengurangi pengangguran, membuka kesempatan berusaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Diakuinya, bahwa pemberdayaan koperasi dan UMKM ini memiliki hambatan diantaranya yakni lemahnya sumber daya manusia,lemahnya daya saing, terbatasnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta lemahnya pemasaran.

"Sehingga, perlu segera dirumuskan dan disinergitaskan langkah-langkah penanganan dalam meningkatan perekonomian daerah dan perlu penyiapan wirausaha baru yang dimotori koperasi dan pengusaha UMKM," katanya

Pemerintah Pusat maupun Daerah telah melakukan upaya yakni dengan menggandeng lembaga perbankan maupun non perbankan dalam penyaluran modal bagi Koperasi dan UMKM dengan mempercepat penerbitan Ijin Usaha Mikro Kecil bagi UMKM.

"Upaya lainnya dengan memberikan pendampingan kepada Koperasi dan UMKM dalam pengembangan usaha, memberikan bantuan peralatan produksi bagi UMKM dan koperasi, membuka akses pasar bagi koperasi dan UMKM serta memfasilitasi kemitraan koperasi dan UMKM," katanya. (rus/hmsprov)

Foto: Kepala Disperindagkop Kaltim Ichwansyah menyerahkan secara simbolis kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang diluncurkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada sejumlah pelaku usaha saat acara temu pemberdayaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). (rusli/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait