Dispora Ajak Pemuda Kaltim Ikut PPAN

SAMARINDA - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim kembali membuka kesempatan kepada Pemuda Kaltim untuk turut serta dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016.

Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie mengatakan PPAN merupakan program nasional yang menjadi ajang untuk menggali potensi kader pemuda di daerah termasuk Kaltim. Sekaligus potensi kader pemuda nasional melalui kerjasama internasional. Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi pemuda guna membuka peluang dan usaha serta membimbing generasi muda sebagai kader pemimpin bangsa.

“Peserta PPAN yang terpilih nanti adalah mereka yang benar-benar merupakan kader daerah  yang tersaring melalui proses seleksi dan telah memiliki pengalaman dalam hal community development.  Hal ini diperlukan karena  setelah menyelesaikan program PPAN dan kembali ke daerah, wajib melakukan Post Program Activity (PPA) yang dipantau dan difasilitasi Pemerintah Provinsi bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota,” kata Fachruddin Djaprie ketika dikonfirmasi di Samarinda, Senin (28/3).

Program PPAN sangat penting dan perlu diikuti pemuda terutama untuk menambah ilmu pengetahuan dan membuka wawasan luas tentang negara luar, kemudian disamping itu memiliki misi sebagai duta bangsa untuk memperkenalkan berbagai seni dan budaya yang Kaltim khususnya dan Indonesia umumnya.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas Pemuda Indonesia bidang kepemimpinan, komunikasi, global dan kepekaan sosial. Program ini diadakan dengan memilih putra-putri terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia untuk mengikuti program di India, ASEAN, Jepang dan Cina.

Kriteria calon peserta PPAN antara lain WNI, mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik  lisan maupun tulisan, mampu berkomunikasi efektif dan mahir menggunakan media sosial, berupa e-mail, facebook, twitter dan lain sebagainya.

“Syarat lainnya adalah belum pernah mengikuti program pemuda luar negeri yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ini karena masih banyak pemuda lain yang berpotensi belum mengikuti kegiatan tersebut,” jelasnya.

Dispora Kaltim mengajak seluruh pemuda di daerah yang berpotensi untuk turut dalam kegiatan ini dan dapat langsung mendaftar ke Kantor Dispora Kaltim di Kompleks Stadion Madya Sempaja. Pendaftaran ini ditutup 7 April 2016. Selanjutnya seleksi digelar pada 12–14 April 2016.(jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait