Dispora Buka Seleksi LNRPB Bagi Pemuda Kaltim

SAMARINDA- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim membuka pendaftaran seleksi bagi pemuda Kaltim untuk mengikuti Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN) 2016 yang dimulai sejak 21 April-30 Mei 2016.

Seleksi ini dilakukan untuk memilih remaja atau pemuda terbaik Kaltim yang rencana akan dikirim mengikuti LNRPB/KPN 2016 yang dilaksanakan sejak 12 September-19 Oktober 2016 dengan rute pelayaran dimulai dari Jakarta – Belinyu – Dabo Singkep – Pulau Bintan – Tarempa – P. Laut – Pontianak – Karimata – Jakarta.

“Seleksi ini kami buka berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Cq, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda yang melaksanakan LNRPB/KPN dalam rangka Sail Karimata 2016 di Kalimantan Barat,” kata Kadispora Kaltim Fachruddin Djaprie di Kantor Dispora Kaltim, Rabu (18/5).

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran para peserta LNRPB/KPN bahwa kekayaan alam yang terkandung dalam laut sangat besar dan saat ini belum dikelola dan dimanfaatkan dengan maksimal. Kemudian meningkatkan motivasi seluruh peserta untuk membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan alam baik bidang produksi maupun jasa.

Peserta seleksi diharapkan berusia minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun. Peserta yang mengikuti bisa dari unsur Satuan Tugas Organisasi Kepemudaan (OKP), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka, Pemuda Pondok Pesantren.

”Kuota peserta yang akan mewakili Kaltim adalah tiga  orang, terdiri dari dua putra dan satu putri. Mereka yang akan mengikuti seleksi syaratnya, pendidikan minima SLTA sederajat dan belum menikah,” jelasnya.

Pendaftaran dilaksanakan setiap hari kerja, Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 Wita, Jum’at pukul 09.00-11.00 wita. Dengan catatan calon peserta harus membawa makalah tentang mengenal potensi kebaharian atau kelautan, dengan persyaratan minimal 10 halaman, kertas ukuran A4 dengan spasi 1 ½ ukuran dan font 12 Times New Roman. Waktu seleksi 1-3 Juni 2016. Tempat pendaftaran di Kantor Dispora Kaltim Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Bidang Pemuda.(jay/es/humasprov

Berita Terkait