Dispora Gelar TOT Pelatih Paskibra

Dispora Gelar TOT Pelatih Paskibra

 

SAMARINDA – Terhitung 42 pembina dan pelatih pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti program pelatihan training of trainer (TOT) yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini menurut Kepala Dispora Kaltim H Fachruddin Djafrie, sangat penting terutama untuk menambah pengetahuan serta kemampuan para pelatih dan pembina Paskibra di daerah.

”Untuk membina dan mengembangkan pondasi generasi muda tidak saja melalui pendidikan formal tetapi juga melalui pendidikan non formal,” ujar Fachruddin di sela-sela pelatihan TOT pelatih dan pembina Paskibraka se-Kaltim, Rabu (17/9).

Salah satunya lanjut Fachruddin,  melalui pelatihan dan pembinaan Paskibra. Dimana pelatihan ini dapat dijadikan sebagai wadah meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan serta mengembangkan kepemimpinan pemuda dan disiplin diri.

Di sisi lain, pelatihan Paskibraka dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk pengembangan wawasan intelektual. “Sebab, setiap anggota Paskibra akan diberikan pelatihan dan pendidikan sebelum melaksanakan tugas,” ujar Fachruddin  didampingi Kabid Pemuda Syahril.

Dijelaskan, keberadaan Paskibra sangat diperlukan diantaranya setiap 17 Agustus memperingati HUT Kemerdekaan RI. Selain itu, kegiatan dan upacara resmi seperti ulang tahun provinsi, kabupaten dan kota.

Termasuk pembukaan dan penutupan event olahraga, event keagamaan, hari bersejarah serta hari besar nasional yang dilakukan instansi pemerintah, swasta, organisasi dan partai politik.

“Jelasnya, Paskibra sangat diperlukan dan keanggotaannya harus tetap ada dengan merekrut keanggotaan baru dari sekolah-sekolah. Kemudian bagi yang sudah menjadi anggota maupun Purna Paskibra dapat dijadikan sebagai pelatih,” ungkap Fachruddin.

Pelatihan TOT pembina dan pelatih Paskibra se-Kaltim dilaksanakan selama tiga hari sejak 16-18 September dengan narasumber dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, TNI, Polri serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kaltim dan Dispora Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov)

 

///FOTO : Sejumlah Peserta TOT Paskibra.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait