Dispora Kaltim Beri Penghargaan pada Pemuda Pelopor dan PSP3

SAMARINDA-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim memberikan penghargaan kepada  lima Pemuda Pelopor dan Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaaan (PSP3). Kepala Dispora Kaltim, H Sigit Muryono memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para pemuda pelopor dan PSP3 yang bertugas di seluruh pelosok desa di Kaltim.  
“Untuk kerja keras dan pengabdian para pemuda, Dispora Kaltim memberikan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan,” ujarnya.  Dijelaskan Sigit,  untuk program PSP3 Kaltim menerima 22 orang pemuda dari Provinsi Aceh, DI Yogyakarta, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Para pemuda yang tergabung dalam program  PSP3 yang diluncurkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Para pemuda ditempatkan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yaitu di Kecamatan Anggana, Sungai Meriam, Liang Ulu, Kota Bangun, Jembantan Tengah, Marangan, Sebuntal, Makarti, Muara Jawa Tengah, Muara Kembang, Sungai Merdeka dan Tani Bakti. Sedangkan Pemuda Pelopor tugas utamanya adalah merupakan penggerak masyarakat untuk berinovasi guna mensejahterakan rakyat baik di perkotaan maupun di pedesaan.   
“Jadi orientasi pemuda pelopor bukan politik, melainkan berkarya untuk mensejahterakan masyarakat, dengan karya inovatif sehingga menjadi kreator, motivator untuk menggerakkan masyarakat agar mandiri,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Seksi Pembudayaan dan Penghargaan Dispora Kaltim, Bahri menjelaskan ada lima orang terdiri dari dua orang pemuda pelopor dari Kota Bontang dan Balikpapan serta tiga orang  PSP3 berprestasi yang diraih oleh dua orang dari Kota Bontang dan seorang dari Balikpapan. (yul/hmsprov)


 

Berita Terkait