Dispora Kaltim Gelar Seleksi PPAN 2014

Dispora Kaltim Gelar Seleksi  PPAN 2014

SAMARINDA –  Sedikitnya 181 pemuda, yang terdiri atas 75 putra dan 106 putri  se-Kaltim mengikuti seleksi calon peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2014. Sejumlah peserta mengikuti seleksi PPAN untuk program Indonesia – Korsel, Indonesia – Malaysia dan  Indonesia – Kanada. Sedangkan peserta seleksi  Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Raja Ampat untuk tahun ini mencapai 56 orang.

  Asisten III bidang Kesra Sekprov Kaltim H Bere Ali mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, mengatakan, seleksi calon peserta PPAN kali ini terbilang banyak diminati, terlihat animo pemuda sangat tinggi. tergambar dari jumlah pendaftar yang  cukup besar.

  “Jumlah pemuda yang mendaftar cukup banyak. Ini membuktikan para pemuda memiliki kesadaran tinggi untuk mengembangkan kemampuan dan mengasah keterampilan yang dimiliki,” kata Bere Ali saat membuka seleksi calon peserta PPAN Kaltim 2014, di Aula Kantor Dispora Kaltim, Kamis (10/4).

     Seleksi dilakukan pada 14–16 April 2014 dengan berbagai bidang tes,  yakni Agama, Psikologi, Bahasa Inggris, Komunikasi dan Seni Budaya Sosial dan Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik.

  Menurut Bere, kegiatan tersebut bermanfaat bagi pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan dan mengasah keterampilan yang dimiliki. Dengan demikian pemuda Kaltim tidak ketinggalan dengan pemuda dari negara lain.

  “Kami berharap pada  seleksi nasional nanti pemuda Kaltim bisa lolos, sehingga dapat turut berkiprah. Sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa anak Kaltim tidak kalah terampil dan majunya dengan pemuda negara lain,”ujarnya.

  Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi M Syahriel mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi generasi muda serta membuka peluang usaha dengan memanfaatkan kekayaan laut baik bidang produksi maupun jasa.

  'Kegiatan ini juga  membimbing generasui muda sebagai kader pemimpin bangsa yang mampu bertanggung jawab pada diri sendiri serta kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara," ujarnya.(sar/sul/es/hmsprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation