Dispora Latih Pemuda Manfaatkan Barang Bekas

SAMARINDA- Bangkitkan wirausaha muda di Kaltim, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melatih 50 pemuda asal Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara, tentang Kecakapan Hidup Angkatan ke III dengan memanfaatkan barang bekas yang dilaksanakan selama 4 hari sejak 18-21 Mei 2016.

Program ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kaltim menekan angka pengangguran dan membangkitkan jiwa wirausaha pada pemuda di Kaltim. “Saat ini jumlah sumber daya manusia khususnya pemuda cukup banyak tersedia, namun lapangan pekerjaan tidak berjalan seriring, sehingga pengangguran pun semakin meningkat dari hari ke hari. Sehingga diperlukan keahlian yang dimiliki para pemuda untuk bersaing di masa akan datang,” kata Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie dikonfirmasi di Samarinda, Kamis (19/5).

Pelatihan ini, selain mendukung para pemuda Kaltim memiliki keterampilan, juga menyiapkan para pemuda menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang kini sudah berlangsung. Karena itu, melalui pelatihan ini para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diterima sehingga mampu membuka lapangan kerja baru bahkan memasarkan produk yang dimiliki ke luar negeri.

Menurut Fachruddin MEA menjadi tantangan tersendiri bagi pemuda untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menghadapi persaingan pasar bebas. Karena itu, melalui pelatihan ini menumbuhkan apresiasi positif kepada pemuda dalam rangka pengembangan kewirausahaan pemuda. Misal, memanfaatkan botol bekas menjadi pot bunga atau hiasan dinding, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan bermanfaat.

“Semoga pelatihan ini mampu memberikan keterampilan dan motivasi kepada pemuda dalam menghadapai masalah pengangguran akibat terbatasanya lapangan kerja produktif sehingga terwujudnya wirausaha muda yang mandiri,” jelasnya.(jay/humasprov

Berita Terkait