Dispora Launching Buku Potensi dan Prestasi Pemuda Kaltim

Dispora Launching Buku Potensi dan Prestasi Pemuda Kaltim

 

SAMARINDA- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim tahun ini merilis dan melaunching buku potensi dan prestasi pemuda Kaltim, dengan jumlah halaman sebanyak 169 dan jumlah yang dicetak sementara sebanyak lebih dari 100 eksemplar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan buku tersebut dirilis sejak awal 2015 dan diterbitkan atau selesai dicetak pada Oktober 2015. “Alhamdulillah Oktober tahun ini sudah selesai penyusunan tulisan dalam buku ini. Motivasi dari penyusunan tulisan ini adalah untuk menghimpun data-data potensial para pemuda yang usia di bawah 30 tahun. Mulai dari bidang sosial, pemuda dan olahraga serta lainnya,” kata Fachruddin Djaprie usai launching buku potensi dan prestasi pemuda Kaltim di Kantor Dispora Kaltim, Selasa (15/12).

Melalui buku tersebut masyarakat mendapatkan informasi tentang bagaimana perkembangan pemuda di Kaltim, khususnya pemuda dari usia 16-30 tahun. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang kepemudaan.

Adanya buku ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pemuda yang lain untuk kreatif dan bekerja dengan baik, sehingga mampu berkontribusi besar kepada daerah. Termasuk bagi pemuda yang dirinya menjadi bagian dari sumber dalam penulisan buku tersebut.

“Ini juga memberikan gambaran kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim. Karena buku tersebut memiliki data-data jumlah pemuda di Kaltim, baik yang memiliki prestasi hingga pemuda yang telah sukses dalam berbagai bidang. Misalnya bidang UMKM. Karena, Dispora Kaltim bukan hanya menangani pemuda dan olahraga tetapi juga bidang kewirausahaan,” jelasnya.

Apalagi, di Dispora bukan hanya membidangi tentang pemuda dan olahraga serta kewirausahaan saja, tetapi juga terkait sarana dan prasarana penunjang olahraga di daerah serta Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI).

Menurut dia, bidang-bidang ini banyak tidak diketahui masyarakat, sehingga diharapkan melalui buku tersebut dapat menjadi referensi bagi media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat bagaimana kinerja Dispora Kaltim, khususnya perkembangan pembangunan pemuda di daerah.

“Semoga melalui buku ini dapat memberikan informasi kepada media dan masyarakat,” jelasnya.

Buku tersebut selain dicetak hingga mencapai 100 eksemplar juga bisa dibuka di www.disporakaltim.info,” jelasnya.

Penyusunan buku tersebut juga berkat dukungan berbagai pihak, terutama Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim. BPS Kaltim berperan mendata jumlah pemuda di daerah yang memiliki prestasi dan kreatif dalam bidang masing-masing.

“Kita yakin BPS memiliki data yang akurat. Apalagi BPS memiliki cabang di berbagai kabupaten/kota se Kaltim. Diharapkan tahun depan dapat bertambah cetakannya dan jumlah datanya juga akan ditambah,” jelasnya.(jay/hmsprov)    

//foto:  Kadispora Fachruddin Djaprie menunjukkan buku potensi dan prestasi pemuda Kaltim. (fajar/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait