Dispora Seleksi Anggota Paskibra

 

SAMARINDA  -  Meski peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73, masih 4 bulan lagi, namun Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim  sudah melakukan proses seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Kaltim 2018.

 

Kepala Dispora Kaltim H Syirajudin  mengatakan seleksi Paskibra ini sudah menjadi agenda rutin menyambut HUT RI. Para calon anggota Paskibra nanti adalah siswa-siswi SMA sederajat yang merupakan utusan dari kabupaten/kota yang sebelumnya juga melaksanakan seleksi tingkat kabupaten/kota. "Sesuai agenda tanggal 4 sampai 5 Mei mendatang kita akan menyeleksi  utusan dari masing-masing kabupaten/kota yang nantinya hanya dipilih putra-putri  untuk mewakili Provinsi Kaltim pada Paskibra di tingkat Nasional," kata Syirajudin akhir pekan lalu.

 

Untuk tim juri Dispora sudah berkooridnasi dengan Korem 091/ASN termasuk dengan juri sebelumnya dari dinas instansi dan lembaga terkait. Tahun ini ada perubahan untuk perjurian, dimana sebelumnya untuk tim juri Dispora yang menunjuk, tetapi tahun ini tidak lagi, tetapi langsung ditunjuk oleh masing-masing pimpinannya. "Untuk menjaga netralitas dan independensi, serta untuk menjauhkan faktor like and dislike. Ini murni profesional kita selaku penyelenggara seleksi Paskibra tingkat provinsi yang nantinya memilih calon Paskibra ke tingkat nasional," tegasnya.  

 

Dijelaskannya, ada tiga hal dasar yang menjadi penilaian utama saat seleksi pertama ini. Diantaranya tinggi badan, berat badan dan kemampuan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dasar masing-masing siswa. Untuk tinggi badan minimal untuk siswi 165 cm dan tinggi badan siswa minimal 170 cm.

 

Tahap berikutnya penilaian pengetahuan umum dan wawancara, untuk pengetahuan umum akan dilaksanakan tes tertulis dan wawancara secara lisan satu persatu serta tes fisik. "Kita harapkan, seleksi calon Paskibra yang mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasional bisa lancar,  dan dapat diperoleh Paskibra yang mumpuni dan mengemban amanah,"  kata Syirajudin. (mar/sul/humasprov).

Berita Terkait