Dispora Seleksi Peserta Calon Kapal Pemuda Nusantara

Dispora Seleksi Peserta Calon Kapal Pemuda Nusantara

 

SAMARINDA - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melakukan seleksi untuk menjaring pemuda-pemudi yang akan mewakili Kaltim dalam kegiatan Kapal Pemuda Nusantara/Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (KPN/LNRPB) Sail Tomini 2015.  

Penjaringan dilaksanakan di Kantor Dispora Kaltim, 27-29 Mei 2015 diikuti 32 peserta dari berbagai wilayah di Kaltim. Lima pemuda terbaik nantinya akan menjadi duta Kaltim dalam kegiatan bahari yang akan dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Lima pemuda pemudi yang akan dipilih terdiri dari tiga putra dan dua putri.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dispora Kaltim, H Fahrullah meminta agar lima pemuda yang akan mewakili Kaltim dalam ajang kebaharian nasional ini dapat memanfaatkan momentum yang baik tersebut untuk melakukan promosi tentang potensi wisata Kaltim.

"Pesan saya kepada lima pemuda yang akan mewakili Kaltim nanti, tolong jaga nama baik daerah ini dan manfaatkan momentum ini untuk memromosikan budaya, etnik dan destinasi wisata unggulan daerah," kata Awang Faroek Ishak.

Para pemuda terbaik itu nantinya akan bergabung dengan anggota tim KPN/LNRPB untuk memulai pelayaran dari Jakarta menuju Kota Baru, melewati Pulau Siau, Pulau Tahuna, Marampit, Ternate, Parigi Moutong, Pulau Muna dan kembali ke Jakarta. Waktu pelaksanaan pelayaran antara 27 Agustus hingga 27 September 2015.

Gubernur Awang Faroek juga berpesan agar para peserta tetap menjaga kesehatan dengan baik sehingga sukses dapat diraih untuk nama baik Kaltim dan sukses bagi mereka sebagai generasi penerus bangsa.

"Kepada semua peserta, pesan saya ikutilah semua rangkaian seleksi ini dengan sebaik mungkin hingga terpilih putra putri terbaik diantara yang terbaik. Kepada yang nanti belum berhasil, teruslah belajar dan lakukan hal-hal positif untuk masa depan. Generasi muda adalah pemegang tongkat estafet perjalanan bangsa ini, karena itu kembangkan terus potensi diri untuk menjadi generasi yang berkualitas dan cerdas," pesan Awang.

Sementara terkait pelaksanaan seleksi, Sekretaris Dispora Kaltim Fahrullah menjelaskan para peserta berasal dari sejumlah dari di Kaltim. Usia peserta dibatasi antara 18 hingga 24 tahun. Mereka adalah generasi berprestasi dari unsur organisasi kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),  Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka dan Pondok Pesantren.

Sedangkan tim seleksi diantaranya berasal dari Dinas Perikanan dan Kelautan, RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda, Dinas Pariwisata dan UPTD SKOI Samarinda. Selain harus melewati tes tertulis dan tes kesehatan, semua peserta seleksi juga harus mampu menunjukkan kemampuan olahraga renang. Untuk tes renang ini akan dilakukan di kompleks Kolam Renang Segiri Samarinda. (sul/es/hmsprov) 

Berita Terkait