Distan Kembangkan Pohon Induk untuk Benih

SAMARINDA – Dinas Pertanian Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Induk Hortikultura (BBIH) di Kilometer  40 Loa Janan terus mengembangkan pohon induk sebagai sumber benih varietas unggul.
“BBI Hortikultura karena memproduksi benih maka harus siap dengan pohon induk yang merupakan varietas-varietas yang jelas atau unggul nasional maupun unggul daerah,” kata Kepala Dinas Pertanian Kaltim H Ibrahim, Rabu (10/7).
Menurut dia, saat ini Kaltim telah banyak memiliki varietas unggul daerah yang dirilis atau disahkan pemerintah sebagai varietas unggul nasional. Berdasarkan keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak agar varietas unggul daerah mampu bersaing dengan daerah lainnya.
Maka, Distan melalui BBI Hortikultura terus berupaya mengembangkan varietas unggul daerah, selain sangat adaptif dengan kondisi lokal juga mampu dihasilkan produk-produk asli Kaltim yang berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain.
“Kita berupaya memproduksi varietas unggul daerah versi Kaltim namun mampu bersaing dan diakui secara nasional. Apalagi, saat ini persaingan sangat kompetitif sehingga perlu mengembangkan produk-produk hortikultura daerah yang tidak dimiliki daerah lain,” jelasnya.
Berdasarkan observasi dan identifikasi ke berbagai daerah baik kabupaten maupun kota di Kaltim,  maka telah ditetapkan beberapa buah lokal yang memiliki keunggulan dan akan terus dikembangkan oleh UPTD BBI Hortikultura Distan Kaltim.
Misalnya, buah durian dengan beberapa varietas termasuk buah duku, langsat dan manggis, cempedak serta lai yang sudah melalui kriteria dan penilaian keunggulan. Disamping dikembangkan plasma nutfah atau sumber daya genetik untuk buah wanyi dan ramania.
“Kita berharap dengan pengembangan varietas unggul daerah serta ditetapkannya beberapa buah lokal sebagai sumber daya genetik (plasma nutfah), maka buah-buah lokal Kaltim tidak kalah bersaing dengan buah dari daerah lainnya,” ujar Ibrahim. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait