Distribusi Soal Berjalan Lancar dan Aman

Kaltim Siap Gelar UN

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyatakan Kaltim siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang serentak dilaksanakan pada 14 April 2014.

Kesiapan meliputi distribusi hingga pengamanan soal, seluruhnya telah berlangsung dengan baik. Diharapkan dengan kondisi tersebut pelaksanaan UN akan berjalan sukses dan lancar.

“Semua persiapan untuk penyelenggaraan ujian nasional untuk jenjang SMA sederajat sudah tidak ada masalah. Jadi, 99 persen Kaltim siap melaksanakan ujian nasional. Mulai dari persiapan soal dan lokasi pelaksanaan sudah tidak ada masalah. Termasuk pendataan peserta sudah disiapkan. Para peserta ujian pun telah melaksanakan try out menjelang ujian,” kata Musyahrim di Pendopo Lamin Etam Samarinda, Senin (7/4).

Dengan persiapan yang baik tersebut, diharapkan hasil UN peserta juga lebih baik. Apalagi, distribusi soal tidak ada masalah. Bahkan keterlambatan soal dipastikan tidak akan terjadi kembali, seperti terjadi pada 2013.

Distribusi soal untuk remote area atau daerah yang susah dijangkau dengan jalur transportasi telah dilakukan lebih dulu. Dimulai sejak 1 April 2014, yakni di Malinau dan Nunukan, serta Kutai Barat, terutama untuk wilayah perbatasan dan terpencil.

“Hari ini, Senin 7 April 2014 (hari ini), distribusi soal kembali dilakukan, yaitu untuk daerah-daerah non remote area atau yang mudah dijangkau, antara lain Kutai Kartanegara, Bontang dan Kutai Timur. Karena itu, kami yakin ujian nasional tahun ini akan berjalan lancar,” jelasnya.

Mengantisipasi agar tidak terjadi keterlambatan dan kekurangan naskah soal, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan distribusi ke masing-masing provinsi, termasuk Kaltim sejak akhir Maret 2014.

Sedangkan pada 11 April ini, distribusi soal ke wilayah Balikpapan dan Samarinda baru dilakukan. Sehingga soal tersebut tidak lama disimpan di Disdik Balikpapan dan Samarinda.  (jay/sul/es/hmsprov).

 

Berita Terkait