Ditunggu Kontribusi Perusahaan Tambang untuk Pembibitan Ternak

Ist

SAMARINDA - Perusahaan batu bara di Kaltim diimbau untuk ikut membantu pengembangan pembibitan ternak, baik ternak ayam, kambing maupun sapi. 

Kontribusi itu secara langsung akan membantu daerah  menyukseskan ketahanan pangan khususnya kebutuhan masyarakat akan daging. 

"Kalau pengembangan ternak sudah  ada beberapa perusahaan. Tapi, untuk pembibitan ternak, baru PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Desa Embalut. Kami minta yang lain bisa menyusul," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim Dadang Sudarya ketika melakukan peninjauan  ke PT EMAS Embalut, Selasa (16/6/2020).

Dadang berharap pengembangan pembibitan juga dilakukan, selain penggemukan. 

Ada beberapa perusahaan yang telah melakukan pengembangan peternakan khususnya sapi dan kambing. Misal, PT Agro Menara Rahmad di Waru, Penajam Paser Utara (PPU) yang fokus dengan penggemukan sapi impor. 

Kemudian PLTU Tanjung Batu juga melakukan program penggemukan sapi yang kini sudah ratusan ekor. Selain itu, ada juga kelompok peternak Damarwulan Samarinda yang melaksanakan program penggemukan yang kini sudah tiga ratusan ekor sapi. Termasuk PT KPC yang melakukan pengembangan sapi perah. 

"Itu beberapa perusahaan yang melakukan pengembangan peternakan di Kaltim. Kita harapkan mereka juga bisa melakukan pembibitan. Termasuk perusahaan besar lainnya juga demikian. Sehingga kebutuhan daging di Kaltim dapat terpenuhi melalui program pembibitan," haranya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait