DJKN Dukung Kelola Keuangan Negara Lebih Efektif

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama jajaran Kanwil DJKN Kaltimtara. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA -  Kementerian Keuangan harus terus mendukung pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota di  Kaltim dalam membentuk kebijakan dan melaksanakan tata kelola keuangan yang efesien dan efektif serta sesuai aturan dan perundang-undangan negara.

Diantaranya, dukungan Kemenkeu melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara  (DJKN)  Kementerian Keuangan RI  dalam penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang kekayaan serta piutang negara dan lelang. Termasuk pemberian bimbingan teknis dan evaluasi kepada seluruh aparatur pemerintah daerah di bidang kekayaan serta piutang negara dan lelang.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima jajaran pimpinan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara di ruang kerjanya, Selasa (7/8). Hal itu menurut dia, sangat penting terutama dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang baik sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa di Kaltim. "Kami terus bertekad dalam tata kelola keuangan negara di daerah diselengarakan secara efektif dan efesien serta transparan. Hal ini bisa terwujud dengan dukungan Kemenkeu jajarannya di Kaltim," katanya.

Apalagi Kaltim lanjutnya, sudah beberapa kali mendapat predikat atau penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam tata kelola keuangan negara di daerah dari BPK-RI. Tentu prestasi kinerja sektor keuangan tersebut ungkapnya, sulit untuk dicapai tanpa adanya dukungan dan sinergitas yang baik antar lintas sektor dan lembaga pemerintah daerah dengan pusat.

Namun berkat sinergitas yang harmonis dan bimbingan tepat bagi aparatur pemerintahan di daerah, maka bukan hanya tata kelola keuangan menjadi lebih efektif dan efesien serta tepat sasaran juga penyimpangan penggunaan anggaran dapat dihindari. "Bagi kami bukanlah prestasi dan penghargaan yang menjadi tujuan. tetapi bagaimana pengelolan keuangan negara berimbas besar bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat Kaltim," ungkap Awang Faroek. Audiensi jajaran manajemen DJKN Kemenkeu dipimpin Kepala Kantor Wilayah DJKN Kaltimtara Surya Hadi. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait