DKP Kaltim Lanjutkan Program Gemarikan


 

SAMARINDA - Program  Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang merupakan program nasional, diharapkan dalam implementasinya juga dapat dilaksanakan oleh seluruh sektor terkait, baik pemerintah, swasta, organisasi profesional khususnya masyarakat luas.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim Ir Nursigit mengatakan, sebagai tindak lanjut dari program tersebut, Pemprov Kaltim sudah  membentuk  Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) yang tujuannya adalah mensosialisasikan dan mensinergikan program di masing-masing institusi dengan program nasional Gemarikan,

"Oleh karena itu, DKP  dituntut untuk terus mempromosikan  konsumsi ikan, kepada seluruh lapisan  masyarakat terutama untuk anak-anak dan balita, ibu-ibu hamil dan menyusui, bahkan kepada bapak-bapak atau ibu-ibu yang lanjut usia," kata Nursigit, Jumat (20/1).

Dalam pelaksanaan di lapangan, lanjutnya, DKP Kaltim bekerja sama dengan PKK, dimana MoU sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. PKK  memiliki kinerja dan jaringan  yang strategis karena dalam melakanakan programnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Untuk melakukamn kerja sama dengan kepala sekolah maupun kepala UPTD, kini terus dilakukan sosialisasi, oleh karena itu dalam waktu dekat ini akan mengundang seluruh kepala sekolah di Samarinda untuk mensosialisasikan program Gemarikan dengan mengundang nara sumber baik dari Fakultas Perikanan Unmul, kepada PKK Provinsi dan Kota Samarinda, maupun dari dinas terkait untuk memberikan materi. 

"Sosialisasi dengan mengundang kepala sekolah maupun kepala UPTD, dengan menghadirkan nara sumber terkait, sebagai upaya mendukung program Gemarikan," kata Nursigait. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation