DKP Kaltim Terus Maksimalkan Potensi Perikanan di Kaltim

SAMARINDA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim mencatat sedikitnya 154.439 ton hasil produksi perikanan tangkap pada 2015. Angka ini berdasarkan hasil budidaya kolam, tambak, keramba, maupun perikanan hasil tangkapan di laut oleh nelayan Kaltim.

Kepala DKP Kaltim Nursigit menyebutkan bahwa hasil produksi ikan pada 2015 itu perinciannya yakni dari perikanan tangkap laut sebanyak 106.903 ton, dari produksi ikan budidaya (kolam, tambak, dan keramba) sebanyak 47.536 ton.

"Jumlah ini belum termasuk lahan-lahan yang memiliki potensi besar untuk dijadikan tempat usaha perikanan bagi masyarakat. Selain produksi perikanan, produksi rumput laut Kaltim pada 2015 juga cukup besar yang mencapai 88.445 ton," kata Nursigit di Samarinda pada Jumat (29/7).

Hasil produksi itu, kata Nursigit, ada yang dikonsumsi masyarakat, dijual ke luar daerah dan sebagian diolah menjadi produk hilir industri rumah tangga. 

"Konsumsi ikan masyarakat Kaltim rata-rata 41 kg per kapita per tahun. Angka ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik karena Kaltim memasang target konsumsi ikan bisa mencapai 46,3 kilogram per kapita. Kedepan kita akan terus memaksimalkan potensi perikanan Kaltim," katanya. (rus/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation