DKP Kembangkan UMKM Melalui Diversifikasi Produk

 

SAMARINDA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim tidak saja mengurusi sektor kelautan dan perikanan, tetapi juga berusaha membantu  pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui  usaha pengelolaan  dan penganekaragaman produk  (diversifikasi) hayati  dari turunan  ikan dan rumput laut.

 

Kepala DKP Kaltim Ir Nursigit mengatakan kegiatan diversifikasi  produk olahan dari turunan baik dari ikan maupun rumput laut yang dilakukan oleh  UMKM tidak lain sebagai upaya untuk mendapatkan  nilai tambah dari produk yang diolah.

 

Menurut Sigit kini saatnya mengubah pola pikir para pelaku UMKM, bagaimana produk yang diolah memiliki nilai tambah. Seperti hasil nelayan tidak hanya menjual ikan secara gelondongan. Demikian juga hasil rumput laut tidak dijual mentah, tetapi bagaimana ikan yang ada diolah dengan berbagai macam produk turunan seperti abon ikan.

 

Lebih jauh dijelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomi Kaltim masih melemah. Sebab itu para pelaku UMKM maupun koperasi harus bisa berinovasi terhadap produk yang dihasilkan dengan melakukan diversifikasi produk. Hal ini juga harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang harus ditingkatkan melalui seosialisasi maupun pelatihan.

 

"Di bidang budidaya dan daya saing produk DKP Kaltim, kita selalu melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM dalam rangka untuk meningkatkan  nilai tambah dan mutu produk hasil maupun packing hasil olahan para pelaku UKM," ujarnya.

 

Selain itu, DKP juga mensosialisasikan kepada para pelaku UMKM mengenai cara pemasaran hasil produk yang dihasilkan agar jangan sampai hasil produk yang dihasilkan tidak  terjual. Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk mencarikan jejaring pemasarannya.

 

"Semua sudah kita lakukan kepada para pelaku UMKM yang jumlahnya 1.200 yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota dengan memberikan  pelatihan dan bimbingan diversifikasi produk, peningkatan mutu serta packing produk. Diharapkan ada nilai tambahnya, sehingga mampu meningkatkan perekonomian  yang berimbas pada kesejahteraan para pelaku UMKM," papar Nursigit. (mar/sul/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation