DKP3A Gelar Forum Perangkat Daerah, Target Kinerja Selaras Pembangunan Daerah

SAMARINDA - Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim terus dorong optimalisasi kinerja organisasi perangkat daerah dalam urusan konkuren (pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten/kota) di daerah.

Yakni urusan administrasi kependudukan dan catatan sipil, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Menurut Sekretaris DKP3A Kaltim Zaina Yurda, urusan konkuren di daerah harus dilakukan secara lintas sektoral dan sinergis serta berkesinambungan melibatkan berbagai instansi. "Melalui Forum Perangkat Daerah ini maka koordinasi capaian target rencana kinerja tahun 2020 dapat lebih maksimal," kata Yurda saat membuka Forum Perangkat Daerah di Ruang Rapat Kartini DKP3A Kaltim, Selasa (16/4/2019),

Dijelaskannya, bidang PPPA sasaran penurunan angka kekerasan perempuan dan anak melalui program prioritas penguatan kelembagaan perlindungan perempuan dan anak. Optimalisasi kinerja ini didukung Dinas Sosial Kaltim, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim, Dinas Perhubungan Kaltim, Kementerian Hukum dan HAM Kaltim, RSUD AWS Samarinda dan Polresta Samarinda.

Sedangkan kesetaraan gender sasaran dicapai jumlah kebijakan PUG dalam pembangunan untuk mendorong penguatan ekonomi perempuan dan penguatan peran perempuan dalam jabatan politik dan publik. Melibatkan Kesbangpol Kaltim, BPKAD, Bappeda, Biro Kesra, Disnakertrans, BPS, Dinsos dan Disperindangkop.

Sementara bidang Fasilitasi Pelayanan Adminduk, sasaran yang ingin dicapai prestasi dukungan yang mendapatkan layanan adminduk dengan pemanfaatan dan pengunaan data.

Selanjutnya, bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, sasarannya peningkatan kebijakan tentang kulatitas keluarga, dengan dukungan perangkat daerah melalui Dinas Kesehatan, BKKBN, BPS dan Kementerian Agama. “Dukungan berupa data balita, angka kematian ibu, angka kematian anak, program KB, Tri Bina dan UPPKS, laju pertumbuhan penduduk, IPM, data perceraian, data pernikahan anak dan penyuluhan ketahanan keluarga,” ungkap Yurda.

Ditambahkannya, capaian target kinerja mengacu pada tujuan dan sasaran renstra perangkat daerah untuk menunjang pembangunan daerah. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation